Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Beda dengan AS, Australia Pilih Dukung Keanggotaan Palestina di PBB

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Sabtu, 11 Mei 2024, 23:13 WIB
Beda dengan AS, Australia Pilih Dukung Keanggotaan Palestina di PBB
Menteri Luar Negeri Australia, Penny Wong/Net
rmol news logo Australia menjadi salah satu dari 143 negara yang mendukung penuh keanggotaan Palestina di Perserikatan Bangsa Bangsa.

Menteri Luar Negeri Australia, Penny Wong mengatakan bahwa dukungan tersebut merupakan bagian dari upaya negaranya dalam membantu menciptakan perdamaian setelah perang Israel-Hamas yang terus bergejolak di Jalur Gaza.

"Dukungan kami terhadap upaya Palestina untuk menjadi anggota penuh PBB adalah bagian dari membangun momentum untuk menjamin perdamaian dalam perang Israel-Hamas di Gaza," kata Wong, dikutip Reuters, Sabtu (11/5).

Meski demikian, negara yang menjadi salah satu sekutu dekat Amerika Serikat (AS) itu kali ini harus berbeda pendapat dengan Washington.

Pasalnya dalam pemungutan suara Majelis Umum PBB pada Jumat (10/5), Australia dan 142 negara mendukung penuh keanggotaan Palestina, sementara sembilan termasuk AS dan Israel menentang, dan 25 lainnya memilih abstain.

Namun, menurut Wong suaranya dalam voting itu telah mewakili suara sebagian besar masyarakat Australia yang ingin membantu untuk mengakhiri konflik yang telah berkepanjangan itu.

“Sebagian besar wilayah kami dan banyak mitra kami juga memberikan suara setuju,” kata Wong.

"Kita semua tahu bahwa satu suara saja tidak akan mengakhiri konflik ini,konflik ini telah terjadi sepanjang hidup kita, namun kita semua harus melakukan apa yang kita bisa untuk membangun momentum menuju perdamaian," pungkasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA