Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Utang Israel Melonjak Dua Kali Lipat Sejak Hantam Gaza

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Senin, 22 April 2024, 21:52 WIB
Utang Israel Melonjak Dua Kali Lipat Sejak Hantam Gaza
Ilustrasi/Net
rmol news logo Utang Israel tercatat tembus sebesar 160 miliar shekel atau senilai Rp692 triliun di sepanjang 2023 kemarin.

Utang tersebut melonjak dua kali lipat dibandingkan pada 2022 lalu yang hanya sebesar 63 miliar shekel (Rp272 triliun).

Kementerian Keuangan Israel merinci utang sebesar 81 miliar shekel (Rp350 triliun) pada 2023 kemarin tercatat sejak pecahnya perang Israel-Hamas pada Oktober lalu.

Lonjakan itu membuat rasio utang Israel melesat dari 60,5 persen dari PDB pada 2022 menjadi 62,1 persen pada 2023 kemarin.

Menurut Akuntan Jenderal Yali Rotenberg, lonjakan itu tidak dapat dihindari. Pasalnya, tahun itu disebut menjadi tahun yang penuh tantangan dan membutuhkan peningkatan pembiayaan yang signifikan.

"Ada kebutuhan penyesuaian taktis dan strategis dalam rencana peningkatan utang pemerintah," katanya pekan lalu seperti dikutip dari Reuters, dikutip Senin (22/4).

Adapun rasio utang itu diprediksi masih akan meningkat lagi menjadi 67 persen pada 2924 ini, yang terjadi akibat lonjakan belanja perang Israel.

Seperti diketahui, saat ini Israel sendiri juga sedang menghadapi Iran, setelah pihaknya diduga meluncurkan bom di gedung konsulat Iran di Damaskus, Suriah beberapa waktu lalu yang menewaskan tujuh Garda Revolusi Iran meninggal dunia.rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA