Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Taiwan Kerahkan Armada untuk Imbangi Taktik Zona Abu-abu China

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jonris-purba-1'>JONRIS PURBA</a>
LAPORAN: JONRIS PURBA
  • Sabtu, 06 April 2024, 03:09 WIB
Taiwan Kerahkan Armada untuk Imbangi Taktik Zona Abu-abu China
Kapal induk China yang kerap beroperasi di sekitar Taiwan.
rmol news logo Kementerian Pertahanan Taiwan mengerahkan armada Angkatan Laut dan pesawat tempur untuk memantau kehadiran militer China di sekitar negara itu dalam beberapa hari belakangan ini. Selain itu, Taiwan juga mengerahkan sistem rudal pertahanan udara.

Taiwan News melaporkan, sejak hari Selasa (2/4) kapal-kapal Angkatan Laut dan pesawat tempur Angkatan Udara Tentara Pembebasn Rakyat (PLA) China meningkatkan intensitas operasi mereka di dekat Taiwan.

Di hari Selasa, sebanyak 30  pesawat tempur Angkatan Udara dan sembilan kapal Angkatan Laut China beroperasi di sekitar Taiwan. Sebanyak 20 pesawat tempur China memasuki zona identifikasi pertahanan udara (ADIZ) Taiwan.

Sementara pada hari Rabu (3/4)  sampai Kamis (4/4) sebanyak tujuh kapal Angatan Laut dan tiga pesawat tempur Angkatan Udara China terpantau berada di sekitar Taiwan.

Sejak September 2020, Tiongkok meningkatkan penggunaan taktik zona abu-abu  secara bertahap. Intensitas kehadiran pesawat tempur dan kapal perang China di sekitar Taiwan ditambah.

Taktik zona abu-abu didefinisikan sebagai upaya atau serangkaian upaya di luar pencegahan dan jaminan kondisi tetap yang berupaya mencapai tujuan keamanan seseorang tanpa menggunakan penggunaan kekuatan secara langsung dan cukup besar.rmol news logo article
EDITOR: JONRIS PURBA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA