Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

India dan Filipina Bahas Keamanan Maritim di Tengah Agresivitas China

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jonris-purba-1'>JONRIS PURBA</a>
LAPORAN: JONRIS PURBA
  • Kamis, 28 Maret 2024, 05:22 WIB
India dan Filipina Bahas Keamanan Maritim di Tengah Agresivitas China
Salah satu foto yang memperlihatkan agresivitas China di perairan Filipina. Foto dirilis pemerintah Filipina.
rmol news logo India dan Filipina dengan serius membahas masalah keamanan maritim yang dihadapi kawasan di tengah agresivitas China.

Pembicaraan mengenai hal ini dilakukan Menteri Luar Negeri S. Jaishankar dan Menteri Luar Negeri Filipina, Enrique Manalo di Manila, Selasa kemarin (26/3). Jaishankar sedang melakukan kunjungan ke sejumlah negara ASEAN, termasuk Filipina dan Singapura.

Dalam pertemuan dengan Manalo, keduanya juga bertukar pandangan mengenai isu-isu global, regional, dan multilateral, termasuk Indo-Pasifik, ASEAN, Asia Barat, serta isu-isu global dan regional.

Dalam postingan di X, Menlu Jaishankar berbicara tentang pertemuannya dengan mitranya dari Filipina dengan mengatakan, "Pertemuan yang hangat dan produktif dengan @SecManalo dari Filipina. Diskusi luas mengenai peningkatan hubungan di bidang politik, pertahanan, keamanan & kerja sama maritim, perdagangan & investasi, infrastruktur, kerjasama pembangunan, pendidikan, digital, teknologi, budaya dan domain konsuler."

“Pertukaran pandangan mengenai isu-isu global, regional dan multilateral termasuk Indo-Pasifik, ASEAN, Asia Barat, Ukraina, GNB dan PBB. Sebagai dua negara demokrasi yang berkomitmen terhadap tatanan berbasis aturan, kami berharap dapat mengintensifkan kerja sama kami,” tambahnya.

Menlu Jaishankar juga menegaskan India mendukung Filipina dalam menegakkan kedaulatan nasionalnya dan akan terus meningkatkan kerja sama di berbagai bidang, termasuk pertahanan dan keamanan.

“Kami dengan tegas mendukung Filipina dalam menegakkan kedaulatan nasionalnya. Jadi saya pikir posisi kami sangat jelas. Sekarang, mengenai kerja sama pertahanan, Anda perlu melihat kerja sama secara keseluruhan. Tidak perlu menunggu situasi tertentu tetapi itu wajar. saat ini, yang kepercayaan dan kenyamanannya tumbuh begitu pesat, sehingga kita akan mempertimbangkan berbagai bidang kerja sama baru dan tentunya pertahanan dan keamanan,” kata Menlu Jaishankar ketika berbicara dalam konferensi pers bersama Menlu  Manalo.

“Dalam pernyataan saya sendiri, kami memperjelas tiga hal mengenai hal itu. Kami menganggap Klausul 1982 sangat penting, kami menganggapnya sebagai konstitusi laut. Kedua, kami percaya bahwa semua pihak harus mematuhinya seperti yang saya katakan secara keseluruhan, baik dalam hal yang terakhir maupun dalam semangat,” tambahnya.

Menlu Jaishankar juga menekankan fokus India pada keamanan maritim dan menyoroti bahwa Filipina dan India adalah negara maritim yang penting dan membuat komitmen luar biasa terhadap pelayaran global.

Sementara itu, Departemen Luar Negeri Filipina, dalam pernyataannya mengatakan bahwa Manila menyampaikan "protes keras terhadap tindakan agresif" yang dilakukan oleh Penjaga Pantai Tiongkok dan milisi maritim Tiongkok terhadap misi Filipina di dekat terumbu karang Second Thomas di Laut Cina Selatan.

Departemen tersebut mengatakan pihaknya juga telah menginstruksikan misinya di Beijing untuk mengajukan pengaduan resmi atas insiden tersebut.

Tindakan ini dilakukan sehari setelah Penasihat Keamanan Nasional Filipina Eduardo Ano mengatakan konfrontasi yang melukai tiga tentara Filipina menyebabkan kerusakan parah pada kapal Unaizah 4 Mei.

Jaishankar tiba di Manila setelah melakukan kunjungan resmi ke Singapura dan akan mengunjungi Malaysia setelah Filipina.

Jaishankar sedang melakukan kunjungan resmi ke negara-negara tersebut atas undangan rekan-rekannya, menurut rilis resmi Kementerian Luar Negeri.

Kunjungan Menlu Jaishankar selama lima hari pada tanggal 23-27 Maret akan fokus pada peningkatan hubungan bilateral dengan ketiga negara dan memberikan kesempatan untuk terlibat dalam isu-isu regional yang menjadi perhatian bersama. rmol news logo article
EDITOR: JONRIS PURBA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA