Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menuai Kritikan, Ukraina Segera Hapus Daftar Hitam Perusahaan ‘Pendukung Perang’

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jonris-purba-1'>JONRIS PURBA</a>
LAPORAN: JONRIS PURBA
  • Jumat, 22 Maret 2024, 22:06 WIB
Menuai Kritikan, Ukraina Segera Hapus Daftar Hitam Perusahaan ‘Pendukung Perang’
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy/Net
rmol news logo Ukraina akan menghapus daftar hitam “sponsor perang”, yang merupakan inti dari kampanyenya untuk menekan perusahaan-perusahaan yang melakukan bisnis di Rusia. Hal ini dilakukan setelah mendapat reaksi keras dari negara-negara mulai dari Austria hingga Tiongkok.

Berakhirnya daftar hitam, yang telah mempermalukan sekitar 50 perusahaan besar yang diidentifikasi beroperasi di Rusia dan secara tidak langsung membantu perang Kremlin di Ukraina, merupakan kemunduran yang dilakukan Kyiv dalam upayanya mempertahankan dukungan internasional yang rapuh.

Kritikus mengatakan kampanye yang menjelek-jelekkan dan mempermalukan itu tidak bijak dan subyektif, sementara para pendukungnya mengatakan kampanye tersebut menunjukkan betapa industri tetap loyal kepada Moskow.

Orang-orang mengatakan Ukraina tidak hanya akan menghapus daftar tersebut, tetapi juga situs web terkait yang memberikan informasi rinci tentang individu-individu yang berada di bawah sanksi Barat, perusahaan-perusahaan dan asal-usul suku cadang senjata Rusia.

B4Ukraine, sebuah koalisi kelompok masyarakat sipil, mengatakan hilangnya daftar tersebut mengecewakan, dan sebagian besar pemerintah tidak berbuat banyak untuk menekan perusahaan agar memutuskan hubungan dengan Rusia.

Karin Doppelbauer, seorang anggota parlemen Austria dari partai liberal Neos, mengkritik pemerintah di Wina karena memberikan tekanan atas penerapan daftar hitam tersebut.

“Pemerintah harus memahami bahwa hubungan baik dengan Putin sudah berakhir,” katanya.

Meskipun beberapa perusahaan mengubah haluan dalam urusan bisnis mereka dengan Rusia karena masuk dalam daftar tersebut, mayoritas malah menyatakan kritikan dan terkadang menggunakan tekanan politik untuk keluar dari daftar hitam.

Dengan dihilangkannya daftar tersebut berarti perusahaan-perusahaan yang tidak berada di bawah sanksi Barat mungkin hanya menghadapi sedikit tekanan publik untuk meninggalkan Rusia.

Orang-orang yang mengetahui pembicaraan yang berujung pada penghapusan daftar tersebut mengatakan bahwa ada tekanan dari negara-negara yang marah karena kepentingn perusahaan mereka.

“Ini memang Tiongkok, tapi bukan hanya Tiongkok,” kata seseorang yang mengetahui langsung masalah ini, juga menunjuk pada tekanan dari Perancis untuk menghapus pengecer Auchan dan Leroy Merlin, pengecer perbaikan rumah dan berkebun, dari daftar.

Beijing, konsumen utama biji-bijian Ukraina, pada bulan Februari menuntut Kyiv menghapus 14 perusahaan Tiongkok dari daftar untuk “menghilangkan dampak negatif”.

Meskipun Tiongkok dipandang sebagai sekutu Rusia, Kyiv mengatakan pihaknya berharap negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia itu akan mengambil bagian dalam pertemuan puncak yang diselenggarakannya dalam beberapa bulan mendatang yang akan dihadiri para pemimpin dunia untuk memajukan visi perdamaian Presiden Volodymyr Zelenskiy.

Sumber kedua mengatakan bahwa Austria, Tiongkok, Prancis, dan Hongaria semuanya telah memberikan tekanan pada Kyiv mengenai daftar tersebut.

Pihak lain mengatakan bahwa ada rasa frustrasi terhadap Ukraina karena memilih perusahaan-perusahaan dari negara-negara yang mendukung Kyiv.

Kementerian luar negeri keempat negara tersebut tidak menanggapi atau menolak permintaan komentar dan semua sumber meminta agar tidak disebutkan namanya karena sensitifnya masalah ini.

Hubungan Hongaria dengan Kyiv telah lama tegang dan negara itu tetap mempertahankan hubungan dengan Moskow. Meskipun Perdana Menteri Viktor Orban mengutuk invasi Rusia, pemerintahannya menolak mengirim senjata ke Ukraina dan berulang kali mendukung perundingan damai.

Pada tahun 2023, Hongaria mengancam akan memblokir dukungan militer Uni Eropa untuk Ukraina dan memberikan sanksi terhadap Rusia kecuali OTP banknya dikeluarkan dari daftar hitam. Itu dihapus beberapa bulan kemudian.

Austria, yang terus menggunakan gas Rusia dan bertindak sebagai pusat uang Rusia, mengambil sikap serupa.
Akhir tahun lalu, pemerintahnya mengatakan tidak akan menyetujui sanksi Uni Eropa sampai Raiffeisen Bank International, bank Barat terbesar di Rusia, dikeluarkan dari daftar hitam. Raiffeisen diskors dari daftar.

Daftar tersebut mencakup sembilan perusahaan AS dan masing-masing empat perusahaan dari Perancis dan Jerman.
Indikasi pertama mengenai meningkatnya tekanan terhadap daftar tersebut adalah Kabinet Menteri baru-baru ini yang menyatakan bahwa daftar tersebut dapat menjadi kontraproduktif.rmol news logo article
EDITOR: JONRIS PURBA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA