Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dipamerkan 25 Hari, Thailand Pulangkan Tiga Relik Suci ke India

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jonris-purba-1'>JONRIS PURBA</a>
LAPORAN: JONRIS PURBA
  • Jumat, 22 Maret 2024, 05:13 WIB
Dipamerkan 25 Hari, Thailand Pulangkan Tiga Relik Suci ke India
Relik suci Sang Budha dan dua muridnya telah dikembalikan ke India setelah dipamerkan selama 25 hari di empat kota di Thailand.
rmol news logo Pameran relik suci Sang Buddha di Thailand baru-baru ini menarik perhatian begitu banyak umat Buddha Thailand serta mendorong mereka untuk mengunjungi dan berhubungan kembali dengan asal usul mereka.

Selain relik Sang Buddha, dua relik dua murid utamanya, Arahat Sariputta dan Maha Moggallana, juga ikut dipamerkan. Ketiga relik telah dikembalikan ke ke India hari Selasa kemarin (19/3).

Ketiga relik suci tersebut dikembalikan ke India dengan penerbangan khusus IAF yang berangkat dari Krabi, Thailand dan mencapai Delhi pada Selasa malam. Menteri Persatuan Negara, Meenakashi Lekhi dan pemimpin agama Budha hadir menyambut ketiga relik suci.

Duta Besar Thailand untuk India, Pattarat Hongtong, menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah India yang mengizinkan penggunaan relik suci tersebut untuk dipamerkan di Thailand. Dia mengatakan, pameran tersebut bernilai sejarah yang tinggi.

“Saya sangat berterima kasih kepada pemerintah India karena telah menawarkan kesempatan ini bagi umat Buddha, bagi masyarakat Thailand dan negara-negara tetangga untuk dapat memberikan penghormatan kepada relik Sang Buddha dan murid beliau,” ujarnya.

“Ini adalah momen bersejarah bagi kami untuk memiliki ketiga relik tersebut di negara kami dan orang-orang dapat mengaksesnya…dan saya percaya bahwa dari acara ini akan lebih banyak orang Thailand yang ingin mengunjungi India dan ini adalah kesempatan untuk menghubungkan kembali orang-orang tersebut. antara kedua negara kita melalui hubungan yang telah kita mulai lebih dari 2000 tahun yang lalu,” tambah Dubes Hongtong.

Direktur Jenderal Konfederasi Budha Internasional, Abhijit Halder, mengatakan pamran tersebut sebagai sebuah "pembuka mata" dan mengatakan bahwa sekitar empat juta orang menghadiri pameran tersebut.

Lebih lanjut beliau mengatakan bahwa nilai-nilai kebijaksanaan India, prinsip-prinsip inti perdamaian, dan harmoni, serta ajaran Buddha tentang perhatian, semuanya sangat relevan dalam konteks ini.

“Ini membuka mata kita semua karena tidak pernah menyangka akan mendapat sambutan meriah dari masyarakat Thailand. Dalam sepuluh hari pertama pameran relik tersebut di Bangkok, lebih dari satu juta orang mengunjungi relik tersebut.

“Sepanjang tur, sekitar 4 juta orang menghadiri relik tersebut,” katanya.

“Ikatan emosional dan sentimental yang dimiliki orang Thailand dengan agama Budha dan India, dan nilai-nilai kebijaksanaan India, prinsip-prinsip inti perdamaian, dan harmoni, serta ajaran kesadaran Buddha, semua ini sangat relevan dalam konteks ini... Jadi itu kesuksesan yang sangat besar bagi kami.," Halder menambahkan.

Pameran di Thailand berlangsung di empat kota selama 25 hari. Diperkirakan sekitar 4 juta orang baik dari Thailand maupun negara-negara lain di kawasan Mekong memberi penghormatan kepada relik tersebut.

Eksposisi tersebut mendapat tanggapan yang fenomenal. Pemandangan antrean panjang umat yang menunggu dengan membawa persembahan sejak dini hari menjadi pemandangan biasa saat prosesi Relik Suci tiba di kota demi kota, di Thailand.

Eksposisi relikwi yang dihormati, yang diselenggarakan oleh Kementerian Kebudayaan, Pemerintah India, bekerja sama dengan Konfederasi Buddha Internasional (IBC), melakukan perjalanan ke provinsi Bangkok, Chiang Mai, Ubon Ratchathani dan Krabi, dimulai dari New Delhi pada tanggal 22 Februari.

Eksposisi bertajuk "Warisan Bersama, Nilai-Nilai Bersama" ini sekaligus menandai peringatan penghormatan dan penghormatan atas ulang tahun Raja ke-72 yang jatuh pada 28 Juli. rmol news logo article

EDITOR: JONRIS PURBA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA