Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Uni Eropa Setuju Berikan Bantuan Militer Senilai Rp85 Triliun ke Ukraina

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Kamis, 14 Maret 2024, 11:35 WIB
Uni Eropa Setuju Berikan Bantuan Militer Senilai Rp85 Triliun ke Ukraina
Tentara Ukraina/Net
rmol news logo Perwakilan dari 27 negara anggota Uni Eropa setuju merombak dana militer Ukraina dan bersedia memberikan 5 miliar euro atau Rp85 triliun untuk membantu perang di negara itu.

Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa, Josep Borrell dalam unggahan di platform X mengatakan bahwa bantuan militer itu menunjukkan komitmen besar mereka dalam membantu Ukraina.

"Pesannya jelas: kami akan mendukung Ukraina dengan apa pun yang diperlukan untuk menang,” tulis Borrell, seperti dikutip dari Al-Arabiya pada Kamis  (14/3).

Keputusan tersebut diambil setelah perdebatan berbulan-bulan antara Prancis dan Jerman tentang skema pemberian bantuan Ukraina.

Dana bantuan untuk Ukraina diputuskan beroperasi menggunakan skema cashback, di mana anggota Uni Eropa yang mengirim bantuan akan mendapat pengembalian dana.

Dalam hal ini, Prancis bersikeras menerapkan kebijakan "buy European", yang berarti amunisi yang dikirim ke Ukraina harus berasal dari Eropa, sebagai syarat skema cashback.

Sementara Jerman berpendapat bantuan bilateral juga perlu diperhitungkan dalam menentukan besarnya kontribusi.

Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba menyambut baik keputusan Uni Eropa dan menanti pertemuan lanjutan dengan Dewan Luar Negeri Uni Eropa.

"Ini merupakan demonstrasi kuat dan tepat waktu atas persatuan dan tekad Eropa dalam mencapai kemenangan bersama,” tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA