Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Teroris Culik 287 Siswa di Nigeria

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Jumat, 08 Maret 2024, 08:31 WIB
Teroris Culik 287 Siswa di Nigeria
Orang-orang berkumpul di dekat daerah tempat orang-orang bersenjata menculik sejumlah anak sekolah pada hari Kamis, 7 Maret 2024/Net
rmol news logo Kurang dari seminggu, aksi penculikan massal kembali terjadi di negara Afrika Barat, Nigeria.

Pada Kamis (7/3), sekelompok pria bersenjata dilaporkan telah menculik sekitar 287 siswa dari sekolah milik pemerintah di kota Kuriga, negara bagian Kaduna.

Menurut penuturan Kepala Sekolah Sani Abdullahi, komplotan penjahat mengepung sekolah tepat ketika para murid baru memulai kegiatan belajar di pagi hari sekitar pukul 08.00 waktu setempat.

"Siswa yang hilang setelah dihitung mencapai 287 orang," ungkapnya, seperti dimuat Associated Press.

Gubernur Kaduna Uba Sani mengatakan pihaknya akan berupaya semaksimal mungkin untuk membebaskan para siswa dan menjamin keselamatan mereka.

"Kami akan memastikan bahwa setiap anak akan kembali. Kami bekerja sama dengan badan keamanan,” ujarnya.

Pasukan keamanan tiba bersama gubernur beberapa jam kemudian ketika operasi pencarian meluas, sementara anggota masyarakat dan orang tua berkumpul menunggu kabar.

Belum ada kelompok militan yang mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut.

Beberapa hari sebelumnya, lebih dari 200 orang, sebagian besar perempuan dan anak-anak, diculik oleh kelompok bersenjata di timur laut Nigeria.

Penculikan siswa dari sekolah-sekolah di Nigeria utara adalah hal biasa dan telah momok yang menakutkan sejak tahun 2014, ketika kelompok militan Islam menculik lebih dari 200 siswi di desa Chibok, negara bagian Borno.

Dalam beberapa tahun terakhir, penculikan terkonsentrasi di wilayah barat laut dan tengah, di mana puluhan kelompok bersenjata sering menargetkan penduduk desa dan pelancong untuk mendapatkan uang tebusan dalam jumlah besar.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA