Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Muhammadiyah dan NU Raih Penghargaan Zayed Award for Human Fraternity 2024

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Jumat, 02 Februari 2024, 16:00 WIB
Muhammadiyah dan NU Raih Penghargaan Zayed Award for Human Fraternity 2024
Konferensi pers penghargaan Zayed Award bersama tiga pemenang yakni perwakilan Muhammadiyah, NU dan Nelly Leon di Abu Dhabi, UEA pada Jumat, 2 Februari 2024/Repro
rmol news logo Dua organisasi masyarakat Indonesia, Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama (NU), berhasil menjadi penerima penghargaan Zayed Award for Human Fraternity.

Kemenangan itu diumumkan dalam konferensi pers yang disiarkan secara virtual di Founder's Memorial di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab pada Jumat (2/2).

Sekretaris Jenderal Zayed Award Abdulsalam mengatakan, penghargaan tahun ini diberikan kepada empat pemenang dari tiga negara yakni Indonesia, Mesir dan Chile.

"Zayed Award diberikan kepada organisasi Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah di Indonesia; Ahli bedah jantung Mesir yang terkenal di dunia, Sir Magdi Yacoub; dan pemimpin akar rumput Chili, Sister Nelly Leon Correa," kata Abdul.

Dijelaskan Abdul, Muhammadiyah dan NU berhak mendapat penghargaan Zayed Award atas upaya kemanusiaan dan pembangunan perdamaian mereka yang luar biasa.

"Kedua organisasi ini telah meningkatkan taraf hidup banyak orang Indonesia dan kelompok rentan di seluruh dunia," jelasnya.

Selain Muhammadiyah dan NU pemenang lainnya yakni Profesor Sir Magdi Yacoub menerima penghargaan atas jasanya memberikan bantuan medis dan menyelamatkan ribuan nyawa, terutama anak-anak di Mesir, Ethiopia, Mozambik, Kigali dan Rwanda.

Satu pemenang terakhir, yakni Suster Nelly Leon Correa. Dia adalah Presiden dan Salah Satu Pendiri Fundaci├│n Mujer Lev├íntate (Woman Standing Up Foundation).  Organisasinya berfokus mendukung perempuan yang dipenjara, menawarkan dukungan komprehensif selama mereka berada di penjara, dan membantu reintegrasi mereka ke dalam masyarakat.

Menurut Sekjen Zayed Award,  para penerima penghargaan tahun ini yang telah memperjuangkan nilai-nilai persaudaraan manusia, dan bertindak sebagai mercusuar harapan dalam komunitas mereka.
 
"Masing-masing penerima penghargaan telah menjunjung tinggi visi mulia untuk dunia yang lebih damai dan kami akan memastikan pengakuan ini membantu mempercepat upaya di bidangnya masing-masing," ujar Abdul.

Zayed Award Human Fraternity adalah penghargaan independen dan internasional tahunan yang mengakui individu atau entitas di seluruh dunia.

Penghargaan ini ditujukan untuk individu atau organisasi yang memimpin dengan memberi contoh, berkolaborasi tanpa pamrih dan lelah dalam menjembatani perpecahan, serta menciptakan hubungan manusia nyata kerap dengan pengorbanan pribadi.

Penerima penghargaan ini akan mendapatkan hadiah 1 juta dollar Amerika Serikat (Rp15 miliar) yang dipersembahkan oleh Higher Committee of Human Fraternity. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA