Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

China Kerahkan 10 Pesawat, Enam Kapal dan Lima Balon di Sekitar Taiwan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Selasa, 16 Januari 2024, 13:37 WIB
China Kerahkan 10 Pesawat, Enam Kapal dan Lima Balon di Sekitar Taiwan
Gambar yang dikeluarkan Kementerian Pertahanan Nasional Taiwan (MND) menunjukkan titik-titik keberadaan militer China di dekat Taiwan/Net
rmol news logo Aktivitas militer China dilaporkan mengalami peningkatan menjelang gelaran pemilihan umum Taiwan akhir pekan lalu.

Mengutip Taiwan News pada Selasa (16/1), dua hari jelang pemilu, Kementerian Pertahanan Nasional Taiwan (MND) mendeteksi 10 pesawat militer China, enam kapal angkatan laut, dan lima balon di sekitar Taiwan.

"Aktivitas militer itu terlacak pada Kamis (11/1) pukul 06.00 (waktu setempat) dan Jumat (12/1) pukul 06.00," ungkap MND.

Dijelaskan MND, dua pesawat tentara China (PLA) telah melintasi garis median atau memasuki sektor utara dan barat daya zona identifikasi pertahanan udara (ADIZ) Taiwan.

"Satu jet tempur Sukhoi Su-30, yang melintasi garis median di sektor utara ADIZ, dan satu pesawat perang anti-kapal selam Shaanxi y-8, yang terbang di sudut barat daya ADIZ," tambah MND.

Lebih lanjut, MND juga melaporkan peluncuran roket China dari Pusat Peluncuran Satelit Jiuquan pada Kamis (11/1) menuju Samudera Hindia sebelum meninggalkan atmosfer.

Menurut laporan kantor berita Xinhua, roket yang diluncurkan tersebut bernama Kuaizhou-1A yang membawa satelit Tianxing-1 02 menuju ke ruang angkasa. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA