Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Raja Denmark Resmi Naik Tahta Gantikan Sang Ibu

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Senin, 15 Januari 2024, 11:00 WIB
Raja Denmark Resmi Naik Tahta Gantikan Sang Ibu
Raja baru Denmark Frederik ke-10 dan Ratu Mary Elizabeth di balkon Istana Christiansborg setelah pelantikan pada Minggu, 14 Januari 2024/Net
rmol news logo Raja Denmark Frederik ke-10 resmi naik takhta pada Minggu (14/12), menggantikan ibunya Ratu Margrethe II yang mundur dari jabatannya setelah memimpin selama 52 tahun.

Menurut laporan kerajaan, Margrethe menandatangani deklarasi pengunduran dirinya dalam pertemuan Dewan Negara di parlemen.

Pertemuan tersebut dihadiri oleh perwakilan pemerintah, Margrethe, Frederik, sang istri Mary Elizabeth Donaldson yang kini menjadi ratu, serta putra tertua mereka, Christian, yang merupakan pewaris takhta baru.

Sekitar satu jam setelah penandatanganan, Perdana Menteri Mette Frederiksen mengumumkan raja baru di balkon Istana Christiansborg dan Frederik memberikan pidato singkat.

Sore harinya, raja dan ratu baru naik kereta kuda kembali ke kediaman mereka di Amalienborg, sebuah kompleks kerajaan yang dibangun pada tahun 1750-an dan terletak di pusat Kopenhagen.

Pengangkatan pemimpin seremonial tertinggi di Denmark hanya sebatas itu, tak semewah seremonial pengangkatan raja di Inggris

Puluhan ribu orang dari seluruh Denmark berkumpul di ibu kota untuk menyaksikan momen bersejarah di kerajaan.

"Kami datang ke sini hari ini karena ini adalah sejarah yang sedang dibuat di depan mata kami.  Kami harus berada di sini,” kata seorang warga bernama Soren Kristian Bisgaard, seperti dimuat AFP.

Kristian yang berprofesi sebagai pilot mengaku menyukai keluarga Kerajaan. Dia juga pernah menjadi anggota Royal Life Guards, berjaga di istana kerajaan.  

"Saya sangat bangga telah melakukan itu dan juga berada di sini hari ini,” katanya.

Mengawali tahun 2024, Ratu Margrethe mengumumkan bahwa dirinya akan turun takhta. Kabar itu cukup mengejutkan karena sebelumnya dia mengatakan akan memimpin Denmark seumur hidupnya.

Margrethe juga tidak memberikan alasan pasti atas keputusannya untuk mundur. Namun menurut kabar yang beredar, dia memiliki masalah kesehatan setelah operasi punggung yang dijalani pada Februari tahun lalu.

Raja dan ratu baru naik takhta pada saat masyarakat mendapat dukungan dan antusiasme yang besar terhadap monarki.  

Survei terbaru yang dilakukan setelah Margrethe mengumumkan bahwa ia akan turun tahta menunjukkan bahwa 82 persen warga Denmark percaya dengan kepemimpinan Raja Frederik dan  86 persen mengatakan hal yang sama tentang Ratu Mary. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA