Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tanpa Singgung Serangan AS dan Inggris di Yaman, Borrel Kutuk dan Minta Houthi Menahan Diri

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 13 Januari 2024, 08:48 WIB
Tanpa Singgung Serangan AS dan Inggris di Yaman, Borrel Kutuk dan Minta Houthi Menahan Diri
Perwakilan Tinggi UE untuk Urusan Luar Negeri dan Kebijakan Keamanan Josep Borrell/Net
rmol news logo Tak sampai satu hari setelah serangan AS dan Inggris terhadap sasaran di Yaman, Perwakilan Tinggi Uni Eropa untuk Urusan Luar Negeri dan Kebijakan Keamanan Josep Borrel membuat pernyataan dengan meminta Houthi untuk menahan diri.

Borrel mengatakan bahwa ia, atas nama masyarakat, menyatakan bahwa negara mempunyai hak untuk melindungi kapal mereka.

"UE menyambut baik diadopsinya resolusi Dewan Keamanan PBB 2722 tanggal 10 Januari yang mengutuk keras serangan Houthi terhadap pelayaran Laut Merah. Menjunjung tinggi kebebasan navigasi di Laut Merah sangat penting bagi kelancaran arus perdagangan global dan keamanan regional. Sebagaimana diingat dalam resolusi DK PBB 2722, negara-negara mempunyai hak untuk mempertahankan kapal mereka dari serangan-serangan ini sesuai dengan hukum internasional,” kata Borrel dalam dokumen pernyataan, seperti dikutip dari TASS, Sabtu (13/).

"Uni Eropa mendesak pihak Houthi untuk menahan diri untuk menghindari eskalasi lebih lanjut di Laut Merah dan wilayah yang lebih luas. Dalam konteks ini, UE mengingatkan kembali kewajiban semua negara untuk menghormati embargo senjata berdasarkan resolusi Dewan Keamanan PBB 2216 (2015)," Borrel menambahkan. Ia sama sekali tidak menyinggung soal tindakan AS dan Inggris.

"UE mendukung tuntutan Dewan Keamanan PBB agar serangan-serangan ini, yang menghambat perdagangan global dan melemahkan hak navigasi serta perdamaian dan keamanan regional, segera dihentikan," katanya, dan bahwa UE akan terus berkontribusi terhadap stabilitas regional.

Kelompok Houthi yang berbasis di Yaman telah menyerang kapal kargo komersial di Laut Merah sejak Oktober untuk menunjukkan dukungan terhadap kelompok militan Palestina Hamas dalam perjuangannya melawan Israel. Akibatnya, jalur perdagangan utama Asia-Eropa yang menyumbang hampir 15 persen lalu lintas pelayaran global terganggu.

Presiden AS Joe Biden membenarkan adanya serangan Inggris dan AS pada Sabtu (12/1) terhadap posisi pemberontak di Yaman.

Sebagaimana dinyatakan dalam pernyataan yang dikeluarkan oleh kantor pers Gedung Putih, operasi tersebut dilakukan oleh "pasukan militer AS" bersama dengan Inggris dan dengan dukungan dari Australia, Bahrain, Kanada, dan Belanda" sebagai respons terhadap "serangan Houthi yang belum pernah terjadi sebelumnya" di Laut Merah. Sasarannya termasuk lokasi rudal, UAV, dan stasiun radar Houthi.

Menyusul meningkatnya konflik Palestina-Israel di Jalur Gaza, kelompok Houthi mengumumkan bahwa mereka akan menyerang wilayah Israel dan mencegah kapal apa pun yang terikat dengan negara tersebut melewati perairan Laut Merah dan Selat Bab al-Mandab hingga operasi di daerah kantong Palestina dihentikan.

Komando Pusat militer AS memperkirakan Houthi telah menyerang lebih dari 20 kapal sipil di Laut Merah sejak pertengahan November.

Pernyataan Borrel muncul tak lama setelah POLITICO mempertanyakan tanggapannya. POLITICO menulis, "Diplomat utama UE, Josep Borrell, yang biasanya produktif di media sosial, belum mengomentari serangan udara baru-baru ini pada saat berita ini dimuat. POLITICO menghubungi Layanan Tindakan Eksternal Eropa, layanan diplomatik UE, sebelum publikasi ini dan tidak menerima tanggapan."

Ketika ditanya apakah ada kekhawatiran ketegangan dengan Iran akan meningkat akibat serangan udara tersebut, seorang diplomat Uni Eropa mengatakan kepada POLITICO: "Tentu saja ada risiko. Tapi kita tidak bisa duduk diam dan tidak berbuat apa-apa sementara Houthi menghentikan perdagangan global.” rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA