Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pemimpin Oposisi Taiwan Kunjungi China Sebulan Sebelum Pemilu

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Kamis, 14 Desember 2023, 13:34 WIB
Pemimpin Oposisi Taiwan Kunjungi China Sebulan Sebelum Pemilu
Wakil Ketua Partai Nasionalis China (KMT) Andrew Hsia/Net
rmol news logo Satu bulan jelang pemilihan umum Taiwan, wakil ketua partai oposisi Kuomintang (KMT), Andrew Hsia dilaporkan telah melakukan kunjungan  yang cukup sensitif ke China.

Menurut laporan KMT pada Kamis (14/12), kedatangan Hsia ke China bertujuan untuk menemui komunitas bisnis Taiwan yang ada di sana.

Dijelaskan bahwa Hsia tiba di Beijing pada Rabu (13/12) dan mengunjungi beberapa wilayah seperti Chengdu, Nanchang, Zhongshan, Xiamen dan Chongqing.

"Hsia datang atas undangan komunitas bisnis Taiwan di China dan akan menghadiri acara bersama mereka," ungkap laporan KMT, seperti dimuat The Straits Times.

Pemimpin KMT itu telah berkunjung ke China sebanyak tiga kali dalam setengah tahun terakhir.

Kunjungan Hsia yang paling kontroversial terjadi pada Agustus 2022, tak lama setelah China melancarkan latihan perang di sekitar pulau itu sebagai tanggapan atas kunjungan DPR Amerika Serikat (AS) ke Taipei.

Hsia dan partai KMTnya berusaha melemahkan partai yang berkuasa di Taiwan menjelang pemilihan presiden dan parlemen yang akan digelar pada 13 Januari mendatang.

Hasil pemungutan suara akan mempengaruhi hubungan masa depan Taiwan dengan China yang tegang dalam beberapa waktu terakhir karena ambisi Beijing menguasai negara kepulauan tersebut. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA