Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Taiwan Pantau Peluncuran Satelit China

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 13 Desember 2023, 13:50 WIB
Taiwan Pantau Peluncuran Satelit China
Roket Long March 2D membawa satelit Yaogan-39/Net
rmol news logo Taiwan memantau peluncuran satelit yang dilakukan oleh China pada akhir pekan lalu, seiring dengan semakin aktifnya pengerahan pesawat militer Beijing ke wilayah udara Pulau Formosa.

China meluncurkan satelit Yaogan-39 menggunakan roket Long March 2D dari Pusat Peluncuran Satelit Xichang pada Sabtu malam (9/12) waktu setempat.

Sehari sebelumnya, Jumat (8/12), Kementerian Pertahanan Taiwan melaporkan 10 pesawat dan kapal militer China berada di sekitar pulau tersebut.

Dari sepuluh pesawat Tentara Pembebasan Rakyat (PLA), dua di antaranya memasuki sudut barat daya zona identifikasi pertahanan udara (ADIZ) Taiwan.

Mereka diidentifikasi sebagai pesawat perang anti-kapal selam Shaanxi Y-8 dan drone RECCE Shaanxi Y-8.

"Ini tidak menimbulkan ancaman bagi kami karena jalur penerbangan mengarah ke Samudera Hindia. Kami memantau aktivitas kendaraan dan siap merespons jika diperlukan," jelas Kemhan Taiwan.

Sebagai respons, Taiwan mengirim pesawat dan kapal Angkatan Laut, serta mengerahkan sistem pertahanan udara untuk memantau aktivitas PLA.

Pada bulan ini, Beijing telah mengirimkan 67 pesawat militer dan 50 kapal angkatan laut di sekitar Taiwan.

Sejak September 2020, China telah meningkatkan penggunaan taktik zona abu-abu dengan secara bertahap meningkatkan jumlah pesawat militer dan kapal angkatan laut yang beroperasi di sekitar Taiwan.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA