Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sambangi PBB di Jenewa, Fraksi PKS Suarakan Kemerdekaan Palestina

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Jumat, 01 Desember 2023, 16:26 WIB
Sambangi PBB di Jenewa, Fraksi PKS Suarakan Kemerdekaan Palestina
Fraksi PKS DPR RI menyambangi Kantor Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) di Jenewa, Swiss/Ist
rmol news logo Kemerdekaan Palestina menjadi poin penting yang disuarakan Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) saat bertandang ke Kantor Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) di Jenewa, Swiss, Kamis (30/11) waktu setempat.

Dalam lawatannya, Fraksi PKS DPR RI melakukan pertemuan dengan Wakil Komisaris Tinggi Hak Asasi Manusia PBB (OHCHR), Nada al Nashif. Delegasi Fraksi PKS dipimpin Ketua Majelis Syura, Salim Segaf Al Jufri dan Ketua Fraksi PKS, Jazuli Juwaini didampingi Duta Besar Achsanul Habib dari PTRI Jenewa.

"Kehadiran Fraksi PKS juga bertepatan dengan peringatan Hari Solidaritas Internasional PBB untuk rakyat Palestina yang diperingati setiap tanggal 29 November," kata Jazuli dalam keterangan tertulisnya, Jumat (1/12).

Kunjungan Fraksi PKS di OHCHR PBB merupakan bagian dari lawatan diplomasi parlemen untuk perdamaian dan kemerdekaan Palestina yang masih digempur Israel.

Fraksi PKS berpandangan, PBB masih berutang janji kemerdekaan  Palestina yang diserukan Majelis Umum PBB sejak tahun 1978 berdasarkan Resolusi PBB 32/40 B.

"Rakyat Palestina sampai detik ini belum mendapatkan hak-haknya, mulai hak paling dasar yaitu hak hidup aman dan damai, hak menentukan nasib sendiri, hingga hak kemerdekaan dan kedaulatan atas wilayahnya yang dirampas paksa oleh Israel," tegasnya.

Sementara itu, Salim Segaf berharap, PBB bisa melakukan intervensi atas kondisi Palestina melalui seluruh kewenangan dan otoritasnya. PBB, kata dia, harus menghentikan kekerasan, pembunuhan, dan genosida di Gaza, Palestina.

PBB perlu menegakkan HAM dan keadilan rakyat Palestina dalam meraih kemerdekaan. PBB juga harus menginvestigasi Israel atas semua pelanggaran HAM, pelanggaran hukum humaniter, dan pengabaian berbagai konvensi serta resolusi PBB.

"Dunia harus menghentikan Israel atas segala bentuk aneksasi, okupasi, dan penjajahannya di wilayah Palestina. Palestina harus mendapatkan hak kemerdekaannya di tanahnya sendiri," tegas Salim Segaf. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA