Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kemlu RI Upayakan Evakuasi Satu Relawan MER-C Keluar Gaza

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Selasa, 28 November 2023, 12:07 WIB
Kemlu RI Upayakan Evakuasi Satu Relawan MER-C Keluar Gaza
Direktur Perlindungan WNI Kemlu RI, Judha Nugraha/RMOL
rmol news logo Setelah melakukan musyawarah, akhirnya satu dari tiga relawan Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) Indonesia, yakni Farid Zanjabil memutuskan untuk mengevakuasikan diri keluar Gaza.

Menurut laporan Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri RI (Kemlu RI) Judha Nugraha, upaya untuk mengeluarkan Farid dari perbatasan Gaza sedang dilakukan.

Meskipun, kata Judha, pihaknya masih  kesulitan memasukkan nama Farid dalam daftar orang-orang yang diizinkan keluar gerbang Rafah.

"Tantangan saat ini adalah memasukkan nama WNI ke dalam daftar yg diizinkan melintas perbatasan Rafah," ungkapnya kepada Kantor Berita Politik RMOL pada Selasa (28/11).

Dijelaskan Judha, proses memasukkan nama WNI tersebut tidak mudah, karena diperlukan berbagai upaya negosiasi yang cukup kompleks dengan berbagai pihak berkepentingan.

"Daftar tersebut memang proses yang kompleks dan rumit diantara pihak-pihak terkait di Gaza," kata Judha.

Setelah dievakuasi dari Gaza Utara ke Selatan, saat ini tiga relawan MER-C Indonesia yakni Reza Aldilla Kurniawan, Farid Zanzabil, dan Fikri Rofiul Haq tinggal di salah satu madrasah di Jenin, dekat Rumah Sakit Eropa. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA