Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Perbaiki Hubungan, Armenia dan Arab Saudi Buka Hubungan Diplomatik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Minggu, 26 November 2023, 17:22 WIB
Perbaiki Hubungan, Armenia dan Arab Saudi Buka Hubungan Diplomatik
Duta Besar Armenia untuk Uni Emirat Arab (UEA) Karen Grigoryan dan Duta Besar Arab Saudi untuk UEA Sultan bin Abdullah Al-Angari/Net
rmol news logo Armenia dan Arab Saudi mengumumkan pembukaan hubungan diplomatik resmi, yang menandai perubahan signifikan dalam dinamika politik di kawasan tersebut.

Hal itu disampaikan Kementerian Luar Negeri Armenia pada Sabtu (25/11), dengan mengatakan bahwa kedua negara memiliki niat untuk memperkuat dan memperluas kerja sama.

“Kedua negara menjalin hubungan diplomatik berpedoman pada niat untuk memperkuat hubungan bilateral dan memperluas cakupan kerja sama serta mendukung keamanan dan perdamaian internasional,” kata kementerian itu, dikutip dari Mehr News, Minggu (26/11).

Penandatanganan protokol pembentukan hubungan diplomatik itu terjadi di Abu Dhabi, dan ditandatangani oleh Duta Besar Armenia untuk Uni Emirat Arab (UEA) Karen Grigoryan dan Duta Besar Arab Saudi untuk UEA Sultan bin Abdullah Al-Angari.

Selama beberapa dekade lalu, Arab Saudi sebelumnya menjaga jarak dari Armenia karena perselisihan antara Baku dan Yerevan terkait wilayah Karabakh.

Namun, pada Oktober 2021, kebijakan tersebut mengalami perubahan signifikan yang ditandai dengan kunjungan Presiden Armenia saat itu, Armen Sargsyan, ke Riyadh.

Kunjungan tersebut menjadi pemicu perbaikan hubungan antara kedua negara, yang kemudian mencapai puncaknya dengan pembukaan hubungan diplomatik resmi bulan ini.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA