Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

UNHCR Prihatin dengan Pengusiran Imigran Ilegal Afghanistan dari Pakistan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Kamis, 23 November 2023, 17:00 WIB
UNHCR Prihatin dengan Pengusiran Imigran Ilegal Afghanistan dari Pakistan
Ilustrasi/Net
rmol news logo Badan pengungsi Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), UNHCR, menyampaikan keprihatinannya atas langkah pemerintah Pakistan yang mendeportasi imigran ilegal mayoritas berasal dari Afghanistan.

Dalam konferensi pers di Markas Besar PBB di Jenewa pada pekan ini, perwakilan UNHCR untuk Pakistan Philippa Candler mengatakan banyaknya warga Afghanistan yang dipulangkan telah menambah krisis kemanusiaan di sana.

Terlebih Afghanistan juga dalam kondisi musim dingin dengan suhu turun hingga minus 4 derajat Celcius.

“Kami telah mengulangi seruan kami bahwa setiap kembalinya ke Afghanistan harus dilakukan secara sukarela, aman dan bermartabat, terlepas dari status hukum di Pakistan," ujarnya, seperti dikutip Dawn, Kamis (23/11).

Sejak pengumuman rencana repatriasi oleh Pakistan pada 3 Oktober, diperkirakan 374.000 orang telah kembali ke Afghanistan.

"Kami telah mendesak Pemerintah Pakistan untuk menerapkan mekanisme penyaringan untuk mengidentifikasi individu yang membutuhkan perlindungan internasional,” lanjut Candler.

Namun ia menyebut telah terjadi peningkatan eksponensial dalam penangkapan, penahanan dan deportasi warga Afghanistan di Pakistan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA