Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Erdogan Yakin Israel Punya Senjata Nuklir, Dorong IAEA Selidiki

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 22 November 2023, 16:52 WIB
Erdogan Yakin Israel Punya Senjata Nuklir, Dorong IAEA Selidiki
Presiden Turkiye Recep Tayyip Erdogan/Net
rmol news logo Presiden Turkiye Recep Tayyip Erdogan tampaknya memiliki keyakinan bahwa Israel memiliki senjata nuklir, meski Tel Aviv telah berulang kali membantahnya.

Erdogan mengatakan akan meminta Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) dan Badan Energi Atom Internasional (IAEA) untuk menyelidiki kepemilikan senjata nuklir Israel.

"Israel, beri tahu apakah kalian memiliki bom atom atau tidak. Jika tidak mengaku tapi kami lihat, kami mengatakannya. Israel, kalian memiliki bom atom," ujar Erdogan pada Rabu (22/11), seperti dikutip Anadolu Agency.

Lebih lanjut, Erdogan menekankan bahwa Turki tidak akan membiarkan masalah senjata nuklir dan bom atom, yang keberadaannya disangkal oleh para menteri Israel, dilupakan.

"Kami akan mengambil inisiatif di hadapan Dewan Keamanan PBB dan Badan Energi Atom Internasional (IAEA) mengenai masalah ini, yang mengancam keamanan seluruh kawasan, termasuk Turki," tambah Erdogan.

Pada awal bulan ini, Menteri Warisan Israel Amihai Eliyahu mengeluarkan pernyataan terkait kemungkinan pihaknya melancarkan serangan nuklir di Jalur Gaza.

Pada saat itu, Ketua Organisasi Energi Aom Iran Mohammad Eslami menganggap pernyataan Eliyahu merupakan pengakuan de facto bahwa Israel memang memiliki senjata nuklir. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA