Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dubes Najib Tunjukkan Megahnya Fasilitas KTT UNWTO di Uzbekistan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Sabtu, 11 November 2023, 09:54 WIB
Dubes Najib Tunjukkan Megahnya Fasilitas KTT UNWTO di Uzbekistan
Duta Besar RI di Madrid, Muhammad Najib hadir di depan gedung Congress Center di Samarkand, Uzbekistan pada Jumat, 10 November 2023/Youtube
rmol news logo Duta Besar RI di Madrid, Muhammad Najib, hadir sebagai Wakil Tetap Indonesia dalam KTT United Nations of World Tourism Organization (UNWTO) di Samarkand, Uzbekistan, pada Jumat (10/11).

Melalui video yang diunggah di kanal Youtube Wisma Duta RI Madrid, tampak Dubes Najib tengah berdiri di halaman gedung Congress Centre.

Mengenakan setelan jas berwarna biru tua, senada dengan dasi yang dipakai, Dubes mengatakan dirinya diundang untuk mengikuti KTT tidak hanya sebagai wakil tetap, melainkan juga sebagai expo member.

Dia mengakui kegigihan pemerintah Uzbekistan untuk bisa menjadi tuan rumah. Menurut Dubes, ini merupakan kesempatan emas yang bisa digunakan negara itu untuk mempromosikan pariwisata, salah satunya di kota Samarkand.

"Samarkand layak menjadi destinasi wisata tujuan wisata global terlihat dari bandaranya yang bagi bagus dan bagaimana mereka menata kota ini menjadi bersih dan indah," ujarnya.

Dubes Najib kemudian menunjukkan bagaimana indahnya gedung Congress Center Samarkand dan lingkungan di sekitarnya. Tampak halaman yang begitu luas dengan warna bangunan yang dominan abu-abu dan biru muda.

"Di depan gedung terdapat sungai buatan, di sekitarnya ada gedung-gedung pencakar langit, hotel dan taman mini," kata Dubes.

Melihat keindahan yang disajikan di kota Samarkand, Dubes mengaku sangat bahagia bisa kembali lagi ke tempat itu untuk ketiga kalinya.

"Pertama kira-kira 15 tahun yang lalu, kedua 10 tahun lalu. Sekarang perubahannya luar biasa," ungkapnya.

Menurut Dubes, Indonesia tidak boleh lalai, sebab negara-negara berkembang baru sudah mulai maju dengan sangat pesat dan membangun negaranya secara serius.

Dia kemudian menunjukkan bagaimana kondisi gedung Congress Center Samarkand dari dalam.

Ketika masuk, nampak ukiran-ukiran khas Uzbekistan, dengan warna cat dominan biru. Dubes menunjukkan tempat di mana ruang rapat dan ruang sidang berlangsung.

Kursi putih mewah tempat para partisipan berjajar dengan rapi di dalam ruangan yang begitu luas. Beberapa spot foto sengaja disediakan agar partisipan dapat mengabadikan momen. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA