Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Taiwan Deteksi 43 Pesawat Tempur China di Sekitar Pulau Formosa

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Rabu, 01 November 2023, 13:24 WIB
Taiwan Deteksi 43 Pesawat Tempur China di Sekitar Pulau Formosa
Ilustrasi/Net
rmol news logo Di tengah ketegangan politik yang terus bergulir, pesawat tempur China kembali dilaporkan terbang di sekitar pulau di dekat Taiwan.

Kementerian Pertahanan Nasional Taiwan pada Rabu (1/11) mengatakan bahwa 43 pesawat China dan tujuh kapal angkatan laut terdeteksi di sekitar pulau itu dalam periode 24 jam hingga pukul 06.00 waktu setempat.

Dijelaskan, sebagian besar pesawat China yang terdeteksi melakukan penerbangan ilegal di wilayah Taiwan.

"Sekitar 37 pesawat  terdeteksi telah melintasi garis median Selat Taiwan dan memasuki ADIZ (zona identifikasi udara) barat daya dan tenggara Taiwan," ujarnya, seperti dimuat Al Arabiya.

Kemhan Taiwan mengatakan hampir setiap hari pihaknya mendeteksi kehadiran pesawat tempur China. Terutama sejak Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) China melakukan latihan perang besar-besaran di sekitar perairan Taiwan pada tahun lalu.

Pada April lalu, Beijing melakukan latihan militer untuk mensimulasikan pengepungan pulau tersebut, setelah Presiden Taiwan Tsai Ing-wen bertemu dengan Kevin McCarthy, Ketua DPR AS pada saat itu, di California.

Beijing membenci Tsai karena menolak menerima bahwa Taiwan adalah milik China, dan berupaya memperjuangkan agar kedaulatan negara itu mendapat pengakuan internasional. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA