Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Indonesia Ajak Belanda Kerjasama Pengembangan Ekosistem Industri Semikonduktor

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 31 Oktober 2023, 16:18 WIB
Indonesia Ajak Belanda Kerjasama Pengembangan Ekosistem Industri Semikonduktor
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri Belanda Hanke Bruins Slot/Ist
rmol news logo Pemerintah Indonesia mengajak Belanda untuk mengembangkan ekosistem industri semikonduktor di dalam negeri.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi kepada Menteri Luar Negeri Belanda Hanke Bruins Slot di kantor Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta pada Selasa (31/10).

"Indonesia berharap untuk memperkuat kerjasama dalam mengembangkan ekosistem industri semikonduktor di Indonesia," kata Retno.

Retno mencatat, Belanda merupakan mitra perdagangan terbesar kedua Indonesia di Eropa. Pada tahun lalu, perdagangan bilateral kedua negara mencapai rekor tertinggi sebesar 6,23 miliar dolar AS.

Kedua negara juga memiliki pandangan yang sama mengenai pentingnya menyelesaikan negosiasi Indonesia-EU CEPA secepat mungkin.

"Saya menyebutkan keprihatinan Indonesia terhadap kebijakan diskriminatif Uni Eropa terhadap komoditas Indonesia dan menyatakan apresiasi Indonesia atas upaya konstruktif Belanda, antara lain melalui program NI-SCOPS dan proyek SustainPalm di Indonesia," jelas Retno.

Selain itu, Retno juga mencatat, Belanda adalah investor terbesar dari Eropa yang telah menyumbang lebih dari 15,5 miliar dolar AS sejak tahun 2013 dengan peningkatan tahunan rata-rata sebesar 15,8 persen.

Untuk itu, Indonesia mengundang Belanda untuk menjelajahi peluang yang lebih luas, termasuk dalam investasi hijau. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA