Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jet Tempur China Hampir Tabrak Bomber AS di LCS

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 27 Oktober 2023, 08:18 WIB
Jet Tempur China Hampir Tabrak Bomber AS di LCS
Jet tempur China, Shenyang J-11 melakukan manuver berbahaya terhadap pembom B-52 Amerika Serikat di Laut China Selatan/Net
rmol news logo Sebuah jet tempur China, Shenyang J-11, dilaporkan melakukan manuver berbahaya terhadap pesawat bomber Angkatan Udara Amerika Serikat, B-52, di Laut China Selatan.

Departemen Pertahanan AS pada Kamis (26/10) mengatakan pihaknya memiliki video berdurasi 38 detik yang menunjukkan jet tempur China berada hanya 10 kaki atau 3 meter dari B-52 AS.

Insiden tersebut terjadi ketika B-52 sedang melakukan operasi rutin malam hari dan memiliki jarak pandang terbatas, kata Pentagon.

"Pilot Tiongkok terbang dengan cara yang tidak aman dan tidak profesional. Ini menunjukkan kemampuan udara yang buruk dengan melakukan penerbangan dengan kecepatan berlebihan yang tidak terkendali," kata Pentagon, seperti dimuat Reuters.

Pentagon mengatakan pihaknya prihatin bahwa pilot jet tempur China tidak menyadari seberapa dekat manuver tersebut yang bisa menimbulkan tabrakan.

Selain itu, Pentagon menekankan, pencegatan jet tempur China melanggar peraturan dan norma keselamatan udara internasional.

Data Pentagon memperlihatkan, sejak musim gugur tahun 2021, militer China telah memulai lebih dari 180 interaksi serupa dengan pesawat militer AS dan negara lain. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA