Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menyusuri Venesia, Kota Pelabuhan Bersejarah di Italia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Jumat, 20 Oktober 2023, 12:31 WIB
Menyusuri Venesia, Kota Pelabuhan Bersejarah di Italia
Cuplikan video Duta Besar RI Muhammad Najib saat berkunjung ke Venesia, Italia/Repro
rmol news logo Duta Besar RI di Madrid, Muhammad Najib membagikan pengalamannya saat berkunjung ke kota pelabuhan bersejarah Venesia di Italia.  

Melalui sebuah video yang diunggah di kanal YouTube Wisma Duta RI Madrid, tampak Dubes Najib sedang menaiki sebuah perahu kecil dan menyusuri sungai di sana.

Sembari bercengkrama, Dubes Najib mengungkap tujuannya menyusuri Venesia adalah untuk melihat sisa-sisa kejayaan dari kota pelabuhan Venesia yang terkenal pada masanya.

Dia menceritakan bahwa Venesia dahulunya merupakan pelabuhan makmur karena menjadi jalur perdagangan dari berbagai negara, salah satunya China.

"Ini salah satu kota pelabuhan yang sangat makmur karena perdagangan rempah-rempah, dan mereka juga mendapat barang-barang China, seperti porselin atau sutera dan produk-produk lain dari negara Asia," kata Dubes, dalam video yang disaksikan redaksi pada Jumat (20/10).

Kendati demikian, kata Dubes Najib, kota pelabuhan menjadi sepi pengunjung sejak mereka tidak bisa mengakses barang-barang dari Konstantinopel setelah kerajaan itu diambil alih oleh Turki Ustmani.

Kemudian, setelah Kolombus menemukan benua Amerika dan Portugal mengambil barang-barang dari Asia, perdagangan di Venesia pelan-pelan semakin surut dan akhirnya mati.

"Sekarang ini kita melihat sisa-sisa warisan masa kejayaan Venesia," kata Dubes.

Saat ini, lanjut Dubes, Venesia hanya bangunan bersejarah yang khas dengan kanal-kanal dan perahu-perahu kecil yang menjadi transportasi utamanya.

"Mudah-mudahan pada saatnya, saudara-saudaraku sekalian bisa datang ke tempat ini melihat lebih dekat melihat warisan kerajaan Venesia," tutup Dubes dalam videonya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA