Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pangeran MBS Tegas Dukung Palestina, Normalisasi Arab Saudi-Israel Gagal?

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 11 Oktober 2023, 13:20 WIB
Pangeran MBS Tegas Dukung Palestina, Normalisasi Arab Saudi-Israel Gagal?
Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman (MBS)/Net
rmol news logo Arab Saudi telah menyatakan dukungan untuk rakyat Palestina di tengah pertempuran antara Hamas dan Israel. Dukungan ini seakan menjadi pupusnya harapan normalisasi yang tengah dijajaki kedua belah pihak.

Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman (MBS) menyatakan dukungan kepada Palestina ketika melakukan panggilan telepon dengan Presiden Otoritas Palestina (PA), Mahmoud Abbas pada Senin (9/10).

 "Kerajaan terus mendukung rakyat Palestina dalam memperjuangkan hak-hak mereka yang sah, berjuang untuk kehidupan yang bermartabat, mewujudkan harapan dan aspirasi mereka, serta mencapai perdamaian yang adil dan abadi," ujar MBS, seperti dikutip SPA.

Pada kesempatan itu, MBS juga menyatakan keprihatinan atas situasi yang memburuk di Jalur Gaza, di mana Israel melancarkan pengeboman tanpa henti dan tanpa pandang bulu terhadap infrastruktur sipil sebagai tanggapan atas Operasi Badai Al Aqsa yang diluncurkan Hamas pada 7 Oktober 2023.

Di sisi lain, Mahmoud Abbas menyampaikan rasa terima kasih kepada Arab Saudi dan MBS.

Secara terpisah, Pangeran MBS juga melakukan percakapan telepon dengan Raja Yordania Abdullah II dan Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi untuk membahas eskalasi kekerasan di Gaza.

Pecahnya konflik antara Hamas dan Israel terjadi ketika Arab Saudi tengah melakukan negosiasi terkait normalisasi hubungan dengan Tel Aviv yang didukung oleh Amerika Serikat (AS).

Namun, para pengamat percaya bahwa pertempuran di Gaza membuang peluang normalisasi Arab Saudi-Israel. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA