Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Indonesia Godok Rencana Evakuasi WNI dari Palestina

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 10 Oktober 2023, 13:37 WIB
Indonesia Godok Rencana Evakuasi WNI dari Palestina
Pertempuran antara Israel dan Hamas/Net
rmol news logo Pemerintah Indonesia telah menyusun rencana kontingensi terkait evakuasi warga negara Indonesia (WNI) di wilayah Palestina, di tengah eskalasi kekerasan yang terus meningkat.

Jurubicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI, Lalu Muhammad Iqbal menuturkan saat ini fokus pemerintah adalah situasi kemanusiaan, khususnya dalam upaya menghentikan eskalasi kekerasan demi menghindari jatuhnya lebih banyak korban sipil.

"Terkait dengan kondisi WNI, Pemerintah Indonesia telah menyusun rencana kontigensi evakuasi WNI dengan beberapa skenario situasi," ungkap Iqbal dalam keterangan yang diterima Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (10/10).

Menurut Iqbal, rencana ini dibahas oleh pemerintah bersama berbagai perwakilan, seperti KBRI Amman, KBRI Beirut, dan KBRI Kairo.

Adapun Kemlu mencatat, terdapat 10 WNI yang berada di Jalur Gaza.

"Menlu RI (Retno Marsudi) terus berkomunikasi dengan sejumlah negara dan organisasi internasional dalam rangka mengupayakan penghentian kekerasan," tambah Iqbal.

Lebih lanjut, Menlu Retnojuga membahas hal ini dengan Menlu Brasil, yang saat ini sedang menjadi Presiden Dewan Keamanan PBB, pada Senin (9/10).

Kelompok Hamas melancarkan Operasi Badai Al Aqsa ke wilayah Israel pada 7 Oktober 2023, yang dibalas oleh Tel Aviv dengan serangan bertubi-tubi ke Gaza. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA