Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Presiden Meksiko Kecam Bantuan AS untuk Ukraina

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Selasa, 03 Oktober 2023, 16:52 WIB
Presiden Meksiko Kecam Bantuan AS untuk Ukraina
Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador/Net
rmol news logo Bantuan dana miliaran dolar yang telah dikeluarkan Amerika Serikat untuk Ukraina, mendapat kecaman keras dari Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador.

Dalam sebuah pernyataan pada Senin (2/10), Lopez Obrador bahkan menyebut bantuan AS tersebut sebagai tindakan yang tidak rasional.

"Seberapa besar dana yang mereka keluarkan untuk perang Ukraina? 30 hingga 50 miliar dolar untuk perang tersebut. Ini adalah hal yang paling tidak rasional dan merugikan," tegasnya, seperti dimuat US News.

Presiden Meksiko itu juga mengkritik tetangga kayanya karena justru enggan membantu pembangunan ekonomi Amerika Tengah dan Karibia guna mengurangi tekanan migran ilegal.

“Jadi mereka harus mengubah strategi mereka dan belajar menghormati. Ini bukan waktunya bagi mereka untuk mengabaikan otoritas Meksiko,” tegasnya.

Sejak perang Rusia meletus Februari tahun lalu, Lopez Obrador yang beraliran kiri berusaha menjaga netralitas Meksiko, tetapi juga mengkritik kebijakan bantuan AS yang dinilai tidak seimbang.

Dia juga mengusulkan perundingan damai untuk mengakhiri konflik Rusia-Ukraina.

Meksiko di bawah kepemimpinan Lopez Obrador telah mendukung beberapa resolusi utama PBB yang mengkritik peran Rusia dalam konflik tersebut. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA