Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kondisi Ekonomi Melambat, Pemuda China Pilih Main Lotere dan Mencari Berkah di Kuil

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Senin, 02 Oktober 2023, 15:38 WIB
Kondisi Ekonomi Melambat, Pemuda China Pilih Main Lotere dan Mencari Berkah di Kuil
Ilustrasi/Net
rmol news logo Bermain Lotere dan sembahyang di kuil-kuil dewa menjadi kegiatan yang banyak dilakukan para pemuda China di tengah kekhawatiran mereka akan kondisi ekonomi yang melambat.

Mengutip laporan Reuters pada Senin (2/9), total penjualan tiket lotere di China pada bulan Agustus melonjak hingga 53,6 persen dibanding tahun sebelumnya menjadi 52,96 miliar yuan (Rp 114 triliun).

Lonjakan penjualan lotere diduga merupakan respon kaum muda terhadap ekonomi China yang semakin suram dengan jumlah pengangguran yang terus meningkat hingga 21,3 persen Juni lalu.

"Kaum muda lebih berpeluang memenangkan 5 juta yuan dalam lotere dibandingkan mendapatkan 5 juta yuan dari pekerjaan mereka,” komentar salah satu pengguna aplikasi media sosial China, Weibo.

Kekhawatiran mereka terhadap pertumbuhan ekonomi semakin tinggi setelah Agustus lalu Biro Statistik China tiba-tiba berhenti mempublikasikan angka pengangguran nasional dengan alasan pengoptimalan data.

Selain lotere, media sosial China juga digemparkan dengan video lulusan universitas yang menganggur mengunjungi kuil untuk mencari berkah dari para dewa. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA