Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

China Keluarkan Peringatan Latihan Militer di Laut China Selatan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 28 September 2023, 13:13 WIB
China Keluarkan Peringatan Latihan Militer di Laut China Selatan
Ilustrasi/Net
rmol news logo China kembali latihan militer di beberapa wilayah Laut China Selatan. Sebagai tindak lanjut, Beijing mengeluarkan peringatan navigasi.

Di tengah ketegangan yang terjadi antara China dan Filipina terkait sengketa Scarborough Shoal, Beijing mengeluarkan peringatan latihan militer pada Kamis (28/9).

Administrasi Keselamatan Maritim Guangdong mengatakan peringatan itu akan diberlakukan mulai pukul 06:00 (22:00 GMT) hingga 11:30 (03:30 GMT) dan mulai pukul 18:00 (10:00 GMT) hingga 21:30 (13:30 GMT).

“Latihan militer akan dilakukan di beberapa perairan Laut Cina Selatan dan navigasi dilarang,” lapor stasiun televisi negara CCTV.

Tidak dirinci di mana latihan militer tersebut akan digelar.

China mengklaim hampir seluruh Laut Cina Selatan berada di bawah sembilan garis putus-putus.

Dalam beberapa bulan terakhir, ketegangan meningkat dengan Filipina, yang klaimnya tumpang tindih dengan China atas Second Thomas Shoal dan Scarborough Shoal.

Keduanya berada dalam Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Manila, yang didefinisikan berdasarkan Konvensi PBB tentang Hukum Laut (UNCLOS) yang secara umum membentang sejauh 200 mil laut (sekitar 370 km) dari pantai.

Awal pekan ini, penjaga pantai Filipina memotong penghalang terapung sepanjang 300 meter yang dipasang oleh China yang dikatakan menghalangi akses perahu nelayan ke Scarborough Shoal. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA