Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Terlepas Skandal Pembunuhan Separatis Sikh, Kanada: Hubungan dengan India Penting

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 25 September 2023, 13:18 WIB
Terlepas Skandal Pembunuhan Separatis Sikh, Kanada: Hubungan dengan India Penting
Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau dan Perdana Menteri India Narendra Modi/Net
rmol news logo Ketegangan hubungan antara India dan Kanada telah dipicu oleh pembunuhan seorang pemimpin separatis Sikh. Namun terlepas dari skandal tersebut, Kanada menilai hubungan dengan India adalah hal yang penting.

Menteri Pertahanan Kanada Bill Blair dalam wawancara pada Minggu (24/9) mengatakan negaranya akan terus menjalin kemitraan terkait strategi Indo-Pasifik dengan India.

Ketegangan berkobar antara India dan Kanada menyusul tuduhan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau tentang potensi keterlibatan agen-agen India dalam pembunuhan ekstremis Khalistani, Hardeep Singh Nijjar, di British Columbia pada 18 Juni lalu.

India dengan marah menolak tuduhan tersebut dan menganggapnya tidak masuk akal dan bermotivasi. India mengusir seorang diplomat senior Kanada sebagai tindakan balas dendam terhadap pengusiran pejabat India yang dilakukan Ottawa atas kasus tersebut.

"Kami memahami bahwa hal ini dapat menjadi, dan telah terbukti, menjadi permasalahan yang menantang sehubungan dengan hubungan kami dengan India,” kata Blair.

Meski begitu, Blair menekankan, Kanada memiliki tanggung jawab untuk membela hukum dan membela warga negara. Untuk itu, pada saat yang sama, Kanada akan memastikan melakukan penyelidikan menyeluruh terkait pembunuhan Nijjar. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA