Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ke KTT ASEAN, PM Kepulauan Cook Bawa Misi Ketahanan Ekonomi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Kamis, 07 September 2023, 14:59 WIB
Ke KTT ASEAN, PM Kepulauan Cook Bawa Misi Ketahanan Ekonomi
Perdana Menteri Kepulauan Cook Mark Brown selama pembukaan KTT ke-18 ASEAN-Asia Timur di Assambly Hall, Jakarta Convention Center (JCC) pada Kamis, 9 September 2023/RMOL
rmol news logo Kehadiran Perdana Menteri Kepulauan Cook Mark Brown di KTT ke-43 ASEAN tidak hanya mewakili keketuaan Forum Kepulauan Pasifik (PIF), melainkan ada maksud dan tujuan lain di baliknya.

Brown akhirnya membeberkan alasan utama kedatangannya ke Jakarta selama pembukaan KTT ke-18 ASEAN-Asia Timur di Assambly Hall, Jakarta Convention Center (JCC) pda Kamis (7/9).

Misi ekonomi kolektif dan berkelanjutan disebut sebagai alasan kuat delegasi Kepulauan hadir dalam gelaran KTT yang berlangsung sejak Selasa (5/9).

Menurut Brown, stabilitas kawasan Indo-Pasifik yang terjaga akan menjamin ketahanan dan mendorong kesejahteraan ekonomi kawasan.

ASEAN dan Kepulauan Cook dinilai memiliki pandangan yang sama terkait keamanan dan ketahanan ekonomi di kawasan Indo-Pasifik.

"Inilah salah satu alasan utama mengapa kami hadir pada KTT ke-43 ASEAN hari ini untuk membina hubungan baru guna memperkuat kerja sama dan membina kemitraan antara Forum Kepulauan Pasifik dan ASEAN," ujarnya kepada Presiden Joko Widodo.

Menurut Brown, ketahanan ekonomi sangat penting untuk dicapai. Diperlukan dukungan dan kolaborasi yang kuat antara sektor publik dan swasta, badan usaha milik negara, aktor non-negara, dan mitra pembangunan.

"Penting untuk memperkuat ketahanan ekonomi sehingga kita lebih siap menghadapi guncangan di masa depan," tambahnya.

Tidak hanya Kepulauan Cook, Presiden Bangladesh, Mohammad Shahabuddin juga hadir di KTT ke-18 ASEAN-Asia Timur. Dia datang selaku ketua dari Presidensi Indian Ocean Rim Association (IORA) tahun ini. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA