Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tangkal Pengaruh China, AS Akui Dua Negara Pasifik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 26 September 2023, 12:50 WIB
Tangkal Pengaruh China, AS Akui Dua Negara Pasifik
Presiden Amerika Serikat, Joe Biden/Net
rmol news logo Amerika Serikat (AS) secara resmi memberikan pengakuan pada dua negara Pasifik, yaitu Kepulauan Cook dan Niue. Langkah ini dinilai sebagai upaya Washington untuk menangkal pengaruh China di kawasan tersebut.

Pengakuan ini diumumkan oleh Presiden Joe Biden pada awal pertemuan puncak Forum Kepulauan Pasifik yang beranggotakan 18 negara, seperti dimuat Reuters.

"Washington mengakui Kepulauan Cook dan Niue sebagai negara yang berdaulat dan merdeka dan akan menjalin hubungan diplomatik dengan keduanya. Langkah ini akan membantu mempertahankan kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka,” kata Biden.

Biden menambahkan bahwa kesepakatan untuk mengakui kedua negara juga akan membantu mengekang penangkapan ikan ilegal, menangani perubahan iklim di wilayah yang rentan, dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Kepulauan Cook dan Niue berpenduduk kurang dari 20.000 jiwa namun merupakan zona ekonomi yang luas di Pasifik Selatan.

Keduanya adalah negara yang memiliki pemerintahan sendiri dan berasosiasi bebas dengan Selandia Baru, yang berarti bahwa kebijakan luar negeri dan pertahanan mereka dalam berbagai tingkatan terkait dengan Wellington.

Setelah beberapa dekade diperlakukan sebagai wilayah yang relatif terpencil, Pasifik Selatan telah menjadi arena persaingan yang penting antara Amerika Serikat dan China yang semakin agresif.

China telah secara dramatis meningkatkan pengaruh ekonomi, politik, dan militernya di kawasan laut yang strategis.

“Tidak diragukan lagi bahwa ada peran yang dimainkan Republik Rakyat China dalam semua ini,” kata seorang pejabat senior Gedung Putih. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA