Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dorong Optimalisasi Kerja sama, Jokowi Apresiasi Kehadiran PM India di KTT ASEAN

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Kamis, 07 September 2023, 10:16 WIB
Dorong Optimalisasi Kerja sama, Jokowi Apresiasi Kehadiran PM India di KTT ASEAN
Presiden RI, Joko Widodo saat menyambut kedatangan Perdana Menteri India, Narendera Modi jelang KTT ke-20 ASEAN-India di Plenary Hall JCC pada Kamis, 7 September 2023/RMOL
rmol news logo Kehadiran Perdana Menteri India Narendra Modi mendapatkan apresiasi besar dari Presiden RI Joko Widodo.

Dalam pembukaan KTT ke-20 ASEAN-India pada Kamis (7/9), Jokowi menyambut Modi di ruang Cendrawasih, Jakarta Convention Center (JCC).

"Saya sangat menghargai kehadiran Perdana Menteri Modi di tengah persiapan KTT G20. Terima kasih PM Modi," kata Jokowi, saat membuka KTT ASEAN-India.

Dalam sambutannya, Jokowi menuturkan bahwa kerja sama ASEAN dan India sejauh ini telah memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat. Meski begitu, menurutnya, kerja sama tersebut masih perlu lebih dioptimalkan.

"Apalagi melihat potensi besar Samudera Hindia yang menghubungkan 33 negara, dengan 2,9 miliar jiwa dan 1/5 GDP dunia di 2025. Potensi kerja sama tersebut bisa kita dorong menuju ekonomi biru, ketahanan pangan, konektivitas maritim dan sumber daya energi laut yang berkelanjutan," ujar Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga menyerukan penanggulangan kejahatan maritim bersama India, seperti perompakan, penyelundupan manusia, narkotika, hingga penangkapan ikan yang tidak diatur dan tidak dilaporkan.

"Kita harus mampu menjadikan lautan sebagai lautan kerjasama dan bukan konfrontasi, yang perlu dijaga stabilitasnya, kedamaiannya dengan menghormati hukum internasional, membangun kebiasaan kerjasama, serta membangun arsitektur kawasan yang inklusif," tambah Jokowi.

Menurut Jokowi, hal tersebut merupakan kunci untuk mewujudkan kawasan yang mampu menjadi Epicentrum of Growth. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA