Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jokowi: Kemitraan dengan ASEAN Menguntungkan AS

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Rabu, 06 September 2023, 16:26 WIB
Jokowi: Kemitraan dengan ASEAN Menguntungkan AS
Gambar Presiden RI Joko Widodo saat membuka KTT ke-11 ASEAN-AS yang diambil langsung dari layar media center di Jakarta Convention Center pada Rabu, 6 September 2023/RMOL
rmol news logo Kerja sama yang dijalin antara ASEAN dan Amerika Serikat tidak hanya menguntungkan bagi salah satu sisi, melainkan keduanya.

Begitu yang disampaikan Presiden RI Joko Widodo saat membuka KTT ke-11 ASEAN-AS di Ruang Cendrawasih, Jakarta Convention Center (JCC) pada Rabu (6/9).

Presiden Jokowi menyoroti kemitraan kuat dan berkelanjutan yang dijalin ASEAN dan AS selama 11 tahun terakhir.

Menurutnya, kerja sama yang dibangun kedua pihak berlandaskan kesetaraan. Jadi bukan hanya ASEAN yang menuai keuntungan, tetapi AS juga menuai hasil yang sama.

"Kemitraan tidak hanya akan menguntungkan ASEAN tetapi juga akan menguntungkan AS,"  tegas Jokowi di hadapan Wakil Presiden AS Kamal Harris.

Dia mengajak AS berkontribusi dalam upaya menciptakan perdamaian dan stabilitas di kawasan Indo-Pasifik.

"Oleh karena itu, ASEAN mengajak AS untuk menjadi kekuatan positif dalam menciptakan kawasan Indo-Pasifik yang damai," ungkapnya.

Harris menggantikan Presiden Joe Biden yang tidak dapat hadir dalam KTT ke-43 ASEAN. Dia tiba di Jakarta pada Selasa malam (6/9). rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA