Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sudah Siapkan Pengganti, Zelensky Umumkan Rencana Pemecatan Menteri Pertahanan Ukraina

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 04 September 2023, 08:10 WIB
Sudah Siapkan Pengganti, Zelensky Umumkan Rencana Pemecatan Menteri Pertahanan Ukraina
Rustem Umerov/Net
rmol news logo Di tengah konflik bersenjata yang masih berkecamuk dengan Rusia, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengumumkan rencana untuk mengganti Menteri Pertahanan Aleksey Reznikov.

Berbicara dalam pidato video pada Minggu (3/9), Zelensky mengatakan keputusan tersebut akan dipertimbangkan oleh parlemen minggu depan. Namun, ia telah mengusulkan Rustem Umerov, kepala Dana Milik Negara Ukraina saat ini, sebagai pengganti Reznikov.

Menjelaskan keputusannya, Zelensky mengatakan Kementerian Pertahanan “memerlukan pendekatan baru dan format interaksi baru baik dengan militer maupun masyarakat secara keseluruhan.”

Presiden mengatakan bahwa Umerov “terkenal” di parlemen dan oleh karena itu tidak memerlukan pengenalan lebih lanjut.  

“Saya berharap parlemen mendukung pencalonan ini,” kata Zelensky, seperti dikutip dari RT, Senin (4/9).

Umerov, seorang pengusaha Ukraina asal Tatar Krimea, mengambil alih kepemimpinan Dana Milik Negara pada musim gugur lalu.

Sebelumnya, dia menjabat sebagai penasihat mantan Ketua Majelis Rakyat Tatar Krimea, Mustafa Dzhemilev, organisasi yang telah dilarang di Rusia sejak tahun 2016 karena aktivitas ekstremis dan hubungannya dengan kelompok ekstrimis dan teroris lainnya.

Pemecatan Reznikov telah menjadi rumor yang luas di kalangan media selama beberapa minggu terakhir, dengan beberapa calon penerus, termasuk Umerov.

Kandidat lainnya adalah Menteri Infrastruktur Aleksandr Kubrakov dan Menteri Industri Strategis Aleksandr Kamyshin, tetapi mereka menolak tawaran itu.

Reznikov mengambil alih jabatan sebagai Menhan pada November 2021, tak lama sebelum konflik antara Rusia dan Ukraina pecah. Masa jabatannya telah dirusak oleh berbagai skandal korupsi, terutama yang melibatkan pengadaan peralatan dan bahan makanan untuk militer negara tersebut dengan harga yang melambung secara tidak wajar. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA