Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Amankan Wilayah Udara Saat KTT G20, Angkatan Udara India Kerahkan Jet Tempur hingga Pesawat Pengintai NETRA

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 02 September 2023, 15:27 WIB
Amankan Wilayah Udara Saat KTT G20, Angkatan Udara India Kerahkan Jet Tempur hingga Pesawat Pengintai NETRA
Ilustrasi/Net
rmol news logo Pihak berwenang India terus mematangkan persiapan pengamanan menjelang KTT G20 yang akan diselenggarakan di Ibu Kota New Delhi pekan depan.

Khusus wilayah udara, Angkatan Udara India (IAF) akan mengerahkan pesawat pengintai Sistem Peringatan dan Kontrol Lintas Udara (AWACS) dan pesawat tempur Rafale yang canggih sebagai bagian dari rencana pertahanan.

Untuk memastikan kemampuan respons yang cepat, pesawat tempur seperti Rafale telah ditempatkan pada status siaga tinggi di tingkat platform kesiapan operasional.  
Selain itu, IAF juga berencana untuk menggunakan pesawat pengintai NETRA yang dikembangkan di dalam negeri untuk lebih meningkatkan kemampuan pemantauan mereka. NETRA dilengkapi dengan radar utama active electronically scaned array (AESA) dengan IFF.

Netra pernah digunakan secara efisien selama pemogokan Balakot pada tahun 2019.

Ketika jet tempur F-16 Angkatan Udara Pakistan (PAF) berusaha melanggar wilayah udara India sehari setelah serangan Balakot pada bulan Februari 2019, jet tersebut memainkan peran penting dengan memberikan perlindungan pengawasan yang diperlukan selama serangan udara menjelang fajar. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA