Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Telepon Modi, Putin Puji Kemesraan Rusia dan India

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Selasa, 29 Agustus 2023, 18:17 WIB
Telepon Modi, Putin Puji Kemesraan Rusia dan India
Presiden Rusia Vladimir Putin dan Perdana Menteri India Narendra Modi/Net
rmol news logo Pujian diutarakan Presiden Rusia Vladimir Putin kepada Perdana Menteri India Narendra Modi atas jalinan hubungan bilateral yang erat antara kedua negara.  
Hal itu disampaikan Putin melalui sambungan telepon dengan Modi pada Senin (28/8), jelang KTT G20 di New Delhi pada pekan depan.

Presiden Rusia itu menyambut baik pola kemitraan yang telah dibangun selama ini. Itu mengapa kedua negara berencana melaksanakan proyek energi skala besar di bidang infrastruktur transportasi dan logistik.

"Hubungan antar negara berkembang secara progresif dalam semangat kemitraan strategis yang memiliki hak istimewa," kata Putin dalam sebuah pernyataan yang dirilis Kremlin, seperti dimuat Al Arabiya.

Dalam pembicaraan itu, Putin juga mengonfirmasi bahwa kehadirannya di KTT G20 akan diwakilkan oleh  Menteri Luar Negeri Sergei Lavrov.

Melalui pernyataan yang dikeluarkan Kementerian Luar Negeri India, Putin dan Modi disebut telah bertukar pandangan mengenai isu-isu global, termasuk KTT BRICS di Afrika Selatan pekan lalu.

Sejak invasi Rusia ke Ukraina, India telah menjadi salah satu negara yang mengalami perubahan terbesar.

Mereka tetap menjalin hubungan dekat dengan AS namun abstain dari pemungutan suara di PBB yang mengutuk perang tersebut dan menghindari bergabung dengan sanksi yang dipimpin AS.

Bahasan perang Ukraina-Rusia akan kembali menjadi topik hangat di KTT G-20, tetapi tidak jelas apakah Modi dapat menjadi penengah untuk konflik militer tersebut di tengah ketegangan hubungannya dengan China. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA