Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bernie Sanders Akui Faktor Usia jadi Masalah bagi Pencalonan Biden

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 28 Agustus 2023, 14:00 WIB
Bernie Sanders Akui Faktor Usia jadi Masalah bagi Pencalonan Biden
Presiden Joe Biden/Net
rmol news logo Meskipun memuji Presiden Joe Biden sebagai seorang yang potensial, senator senior Bernie Sanders mengakui bahwa usia adalah masalah penting bagi petahana ketika ia mencalonkan diri kembali pada tahun 2024.

Kekhawatiran mengenai usia Biden yang sudah lanjut melahirkan keraguan tentang potensinya selama menjabat,  yang sering kali disebut-sebut oleh para pemilih sebagai hal yang negatif, apalagi saat ini peringkat persetujuannya telah menurun meskipun ada beberapa keberhasilan legislatif yang dicapai selama Biden menjabat.

Sanders, seorang independen yang bersekutu dengan Partai Demokrat, di masa lalu menepis kekhawatiran mengenai usia Biden, dengan mengatakan bahwa pendiriannya terhadap isu-isu utama lebih penting dan mengklaim bahwa ketajaman mental presiden baik-baik saja selama interaksi mereka.  

Saat tampil di Meet the Press NBC News pada Minggu (27/8), Sanders mengulangi poin-poin ini ketika didesak oleh pembawa acara Chuck Todd, tetapi mengakui bahwa usia adalah sebuah masalah.

“Ketika orang-orang melihat seorang kandidat, apakah itu Joe Biden, atau Trump, atau Bernie Sanders, atau siapa pun, mereka harus mengevaluasi banyak faktor,” kata Sanders, seperti dikutip dari Newsweek, Senin (28/8).

"Saya bertemu dengan presiden lima atau enam minggu yang lalu, kami berdiskusi dengan baik, menurut saya dia baik-baik saja," ujarnya.

"Namun menurut saya pada akhirnya, yang harus kita tanyakan pada diri kita sendiri adalah apa yang diperjuangkan masyarakat?"

Biden secara resmi mencalonkan diri kembali untuk masa jabatan kedua pada tahun 2024. Ia berusia 78 tahun ketika dilantik pada tahun 2021, menjadikannya orang tertua yang pernah menjabat sebagai presiden.  

Saat ini petahana berusia 80 tahun, dan pada akhir masa jabatannya yang kedua pada bulan Januari 2029, ia akan berusia 86 tahun.

"Usia adalah sebuah masalah, Chuck, tapi ada banyak masalah yang lebih luas dari itu," kata Sanders. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA