Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dapat Dukungan Raja, PM Baru Thailand Siap Bentuk Pemerintahan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 24 Agustus 2023, 02:12 WIB
Dapat Dukungan Raja, PM Baru Thailand Siap Bentuk Pemerintahan
Perdana Menteri baru Thailand, Srettha Thavisin/Net
rmol news logo Thailand akhirnya memiliki perdana menteri baru setelah kebuntuan politik sejak pemilu pada bulan Mei lalu. Taipan dari Partai Pheu Thai, Srettha Thavisin mulai menjabat sebagai Perdana Menteri Thailand pada Rabu (23/8) dengan dukungan kerajaan.

Srettha berhasil mengamankan suara mayoritas di parlemen pada Selasa (22/8). Ia memimpin koalisi kontroversial yang juga bersisi partai pro-militer.

Sehari setelahnya, Rabu (23/8), Srettha menerima perintah tertulis dari Raja Maha Vajiralongkorn untuk membentuk pemerintahan. Srettha kemungkinan akan mengumumkan kabinet barunya dalam beberapa hari mendatang.

Dalam pidato nasional yang disiarkan televisi, Srettha berjanji untuk membawa persatuan di Thailand dan mempromosikan kebijakan yang akan menyelesaikan krisis dan memajukan negara.

Ia juga berjanji untuk mendorong inklusivitas dan pemerintahan demi kepentingan seluruh rakyat Thailand, serta menjanjikan era perubahan baru.

Perdana Menteri Prayut Chan-o-cha, antan panglima militer yang menggulingkan pemerintahan terakhir Pheu Thai melalui kudeta, mengucapkan selamat kepada Srettha.

Prayut menderita kekalahan telak dalam pemilu bulan Mei ketika Partai Move Forward (MFP) yang baru dan progresif memanfaatkan gelombang ketidakpuasan kaum muda dan perkotaan terhadap pemerintahan yang didukung militer selama hampir satu dekade untuk memenangkan kursi terbanyak.

Namun dorongan MFP untuk mereformasi UU penghinaan kerajaan dan mengambil alih kepentingan bisnis membuat takut elite kerajaan. Alhasil, pemimpin MFP Pita Limjaroenrat gagal mendapat suara yang cukup di parlemen untuk menduduki kursi PM. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA