Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Taiwan Siap Bawa Larangan Impor Mangga oleh China ke WTO

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 23 Agustus 2023, 10:11 WIB
Taiwan Siap Bawa Larangan Impor Mangga oleh China ke WTO
Mangga Taiwan/Net
rmol news logo Pemerintah Taiwan melalui Kementerian Pertanian memutuskan untuk mengadukan larangan impor mangga asal negaranya oleh China ke Komite Sanitary and Phytosanitary Measures (SPS) WTO.

Dalam pernyataannya, Kementerian Pertanian Taiwan mengkritik penangguhan tersebut sebagai tidak beralasan dan tidak sesuai dengan standar perdagangan internasional.

"Kementerian sangat menyesalkan bahwa China telah berulang kali melanggar praktik internasional dan secara sewenang-wenang menghentikan perdagangan tanpa dialog ilmiah,” kata kementerian tersebut dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari Taipei Times, Rabu (23/8).

Sebelumnya, Juru Bicara Kantor Urusan Taiwan China, Zhu Fenglian, mengatakan bahwa petugas bea cukai China telah mendeteksi kutu putih jeruk pada mangga asal Taiwan, yang katanya menimbulkan "ancaman parah" terhadap keamanan pertanian dan ekologi China.

“Langkah-langkah yang disebutkan di atas adalah tindakan pencegahan keamanan hayati yang normal, ilmiah dan masuk akal, serta mematuhi undang-undang, peraturan, dan standar daratan yang relevan,” kata kantor tersebut.

Pejabat China telah memberi tahu Taiwan tentang keputusan tersebut melalui saluran resmi yang ditetapkan dalam perjanjian lintas selat yang mengatur inspeksi karantina untuk produk pertanian.

Wakil Menteri Pertanian Chen Junne-jih membenarkan bahwa China memberitahu kementerian tersebut pada tanggal 15 Juni dan 3 Agustus bahwa mereka telah mendeteksi kutu putih jeruk dalam pengiriman mangga dari Taiwan.

"Kementerian kemudian melacak pengiriman kembali ke peternakan sumber mereka, dan memberitahu pejabat China pada 4 Juli dan Kamis pekan lalu langkah apa yang diambil untuk menyelesaikan masalah tersebut," kata Chen.

"Kedua kasus tersebut adalah satu-satunya saat Beijing mengatakan kutu putih jeruk telah ditemukan dalam 5.689 pengiriman mangga yang diekspor Taiwan ke China sejak 2018," ujarnya.

Meskipun demikian, Chen mengatakan penangguhan dari China tidak akan menimbulkan dampak ekonomi yang besar bagi Taiwan.

"Taiwan memproduksi 174.000 ton mangga tahun ini, dan hanya 4.000 ton, atau 2,2 persen, yang diekspor ke luar negeri," kata Chen.

"Tahun ini, Tiongkok mengimpor sekitar 1.000 ton mangga Taiwan, sementara Jepang dan Korea Selatan masing-masing mengimpor 700 dan 600 ton," katanya.

Selama tiga tahun terakhir, Taiwan telah mengeluhkan larangan impor barang-barang pertanian dan perairan dari China, termasuk nanas dan ikan kerapu, dengan mengatakan bahwa larangan tersebut adalah bagian dari kampanye tekanan China.

Pengumuman terbaru ini dibuat beberapa hari setelah Wakil Presiden William Lai kembali dari kunjungan ke Paraguay termasuk singgah di AS. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA