Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Siap Gantikan Halimah Yacob, Ini Tiga Kandidat Presiden Singapura

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 22 Agustus 2023, 13:55 WIB
Siap Gantikan Halimah Yacob, Ini Tiga Kandidat Presiden Singapura
Presiden Singapura Halimah Yacob/Net
rmol news logo Singapura mengumumkan tiga kandidat yang akan menggantikan presiden perempuan pertama negara itu, Halimah Yacob.

Dimuat Reuters, pada Selasa (22/8), Singapura mengumumkan tiga kandidat yang mencalonkan diri untuk pilpres yang akan digelar pada 1 September mendatang.

Kandidat pertama adalah mantan Wakil Perdana Menteri Tharman Shanmugaratnam, 66 tahun, yang secara luas dianggap sebagai pilihan Partai Aksi Rakyat (PAP) yang berkuasa. Meskipun partai tersebut tidak memiliki suara resmi dalam proses pemungutan suara dan juga tidak menyebutkan kandidat pilihan.

Dua kandidat lainnya adalah Ng Kok Song, 75 tahun, mantan chief investment officer di sovereign wealth fund GIC, dan Tan Kin Lian, 75 tahun, mantan chief executive perusahaan asuransi NTUC Income

Pada 2017, Halimah Yacob menjadi satu-satunya kandidat yang memenuhi syarat setelah parlemen mengamandemen konstitusi setahun sebelumnya dengan tujuan membawa lebih banyak keragaman etnis untuk jabatan tersebut.

Amandemen memungkinkan anggota dari satu kelompok etnis untuk mencalonkan diri sebagai presiden jika tidak ada seorang pun dari kelompok itu yang menjabat selama lima periode berturut-turut.

Pada tahun 2017, lamaran dari empat kandidat ditolak, sehingga memicu protes yang jarang terjadi.

Sekitar tiga perempat dari 3,5 juta warga Singapura adalah etnis Tionghoa, dengan sisa populasi etnis Melayu, etnis India atau Eurasia.

Tahun ini, pemilu terbuka untuk semua etnis. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA