Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Zelensky Yakin Jet Tempur F-16 Bisa Bikin Ukraina Kalahkan Rusia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 21 Agustus 2023, 21:27 WIB
Zelensky Yakin Jet Tempur F-16 Bisa Bikin Ukraina Kalahkan Rusia
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky/Net
rmol news logo Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky optimis akan segera mengalahkan Rusia dengan bantuan jet tempur F-16 dari Belanda dan Denmark.

Hal itu ia sampaikan kepada ribuan orang yang berkumpul di luar parlemen Denmark untuk mendengarkan pidatonya pada Senin (21/8).

"Hari ini kami yakin Rusia akan kalah dalam perang ini," tegas Zelensky, seperti dikutip Reuters.

Pada Minggu (20/8), Denmark dan Belanda mengumumkan akan memasok F-16 ke Ukraina untuk pertama kalinya setelah mendapat lampu hijau dari Amerika Serikat (AS). Enam unit F-16 akan dikirim sekitar tahun baru.

Rusia memperingatkan bahwa memasok jet tempur ke Ukraina hanya akan meningkatkan eskalasi perang yang telah berlangsung selama hampir 18 bulan.

"Fakta bahwa Denmark sekarang telah memutuskan untuk menyumbangkan 19 pesawat F-16 ke Ukraina mengarah pada eskalasi konflik," kata duta besar Rusia, Vladimir Barbin.

Sejauh ini pasukan Rusia menduduki hampir seperlima wilayah Ukraina dan Kyiv berjuang keras untuk mendorong mereka keluar.

Militer Ukraina mengatakan jet F-16 penting untuk keberhasilan serangan balasan yang sudah diluncurkan sejak awal Juni.

Kendati begitu, Menteri Pertahanan Denmark Jakob Ellemann-Jensen mengatakan Ukraina hanya dapat menggunakan F-16 yang disumbangkan di dalam wilayahnya sendiri.

"Kami menyumbangkan senjata dengan syarat digunakan untuk mengusir musuh dari wilayah Ukraina. Dan tidak lebih dari itu," tegas Ellemann-Jensen. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA