Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kunjungi Belanda, Zelensky Ingin Pastikan Jet Tempur F-16 Benar-benar Dikirim

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Minggu, 20 Agustus 2023, 21:36 WIB
Kunjungi Belanda, Zelensky Ingin Pastikan Jet Tempur F-16 Benar-benar Dikirim
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky disambut Perdana Menteri Belanda Mark Rutte di Eindhoven, Belanda pada Minggu, 20 Agustus 2023/Net
rmol news logo Kunjungan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky ke Belanda pada Minggu (20/8) dilakukan untuk memastikan dukungan pesawat tempur F-16 yang akan segera dikirim ke Kyiv.

Melalui postingan di Telegram, Zelensky mengatakan bahwa dirinya akan memperjuangkan agar pesawat militer buatan Amerika Serikat itu benar-benar sampai pada Ukraina.

"Masalah utamanya adalah F-16 bagi Ukraina untuk melindungi rakyat kami dari teror Rusia. Kami semakin kuat", tulis Zelensky, seperti dimuat Reuters.

Menurut kantor pemerintahan Belanda, Zelensky dijadwalkan bertemu dengan Perdana Menteri Mark Rutte di sebuah pangkalan udara militer di Eindhoven.

Kunjungan itu dilakukan setelah  Amerika Serikat menyetujui kemungkinan pengiriman jet tempur F-16 oleh Belanda dan Denmark.

Dalam beberapa bulan terakhir, kedua negara Eropa itu telah memimpin upaya internasional untuk melatih pilot Ukraina dengan F-16.

Pada Mei lalu, PM Belanda mengaku tengah mempertimbangkan untuk mengirimkan F-16 ke Ukraina, tetapi tidak jelas berapa banyak yang akan diberikan dan kapan waktunya.

Belanda dapat mengirimkan F-16 karena angkatan bersenjatanya beralih ke pesawat tempur F-35 yang lebih baru.

Menurut angka dari Kementerian Pertahanan, Belanda saat ini memiliki 24 F-16 operasional yang akan dihentikan pada pertengahan 2024. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA