Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Marah dengan Kunjungan William Lai ke AS, China Latihan Militer di Dekat Taiwan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 20 Agustus 2023, 08:38 WIB
Marah dengan Kunjungan William Lai ke AS, China Latihan Militer di Dekat Taiwan
Militer China/Net
rmol news logo Kunjungan Wakil Presiden Taiwan William Lai ke Amerika Serikat (AS) tampaknya sangat memancing kemarahan China. Terlihat dari keputusan China untuk menggelar latihan militer di sekitar Pulau Formosa pada akhir pekan ini.

Komando Teater Timur Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) mengatakan mereka sedang melakukan patroli kesiapan tempur angkatan laut dan udara di sekitar Taiwan pada Sabtu (19/8).

"Ini adalah peringatan serius terhadap pasukan separatis kemerdekaan Taiwan yang berkolusi dengan kekuatan eksternal untuk memprovokasi," bunyi pernyataan PLA.

Kementerian Pertahanan Taiwan juga melaporkan telah mendeteksi 42 pesawat dan delapan kapal China yang terlibat dalam latihan tersebut sejak Sabtu pagi. Sebagai tanggapan, Taipei mengirim kapal dan pesawat.

"Sebanyak 26 pesawat China melintasi garis median Selat Taiwan selebar 100 km, atau area di luar setiap ujung garis," kata Kemhan Taiwan, seperti dikutip Reuters.

Lai merupakan kandidat terdepan untuk menjadi presiden Taiwan dalam pemilu pada Januari mendatang. Ia kembali dari AS pada Jumat (18/8), setelah hanya singgah dalam perjalanan ke dan dari Paraguay, tetapi memberikan pidato saat berada di AS.

China memandang Taiwan yang diperintah secara demokratis sebagai wilayahnya sendiri dan menganggap Lai sebagai seorang separatis. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA