Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Badai Besar Mengancam Meksiko Barat selama Akhir Pekan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 19 Agustus 2023, 07:35 WIB
rmol news logo Meksiko kemungkinan besar akan diterjang Badai Hilary sepanjang akhir pekan.

National Hurricane Center (NHC) memperingatkan pada Jumat (18/8) bahwa badai tropis itu akan meluncur menuju semenanjung Baja California, Meksiko, selama akhir pekan. Terjangan badai itu berpotensi memicu banjir besar yang mengancam jiwa, di kawasan wisata barat laut dan negara bagian California, AS, yang berdekatan.

"Banjir yang mengancam jiwa dan berpotensi bencana besar kemungkinan terjadi di sebagian besar Baja California dan California Selatan akhir pekan ini dan awal minggu depan," kata badan yang berbasis di Miami itu dalam pernyataannya, seperti dikutip dari Reuters, Jumat (18/8).

Personil Angkatan Laut terlihat berpatroli di pantai di Cabo San Lucas, tujuan populer bagi turis Meksiko dan asing.

Semenanjung Baja California di Meksiko membentang di dua negara bagian.

Di negara bagian utara, pemerintah setempat pada Jumat telah membatalkan kegiatan publik yang tidak penting, termasuk sekolah yang diliburkan. Aparat di kota terbesar kedua Meksiko, Tijuana, bahkan mendesak orang-orang di zona berisiko tinggi untuk pindah ke tempat penampungan sementara.

Di negara bagian selatan semenanjung itu, pihak berwenang menunda pertandingan bisbol lokal dan mengatakan pelabuhan akan ditutup.

Gubernur negara bagian memperingatkan agar masyarakat terus berhati-hati dan menimbun kebutuhan pokok di rumah, terutama air minum, tanpa harus panik.

Wakil Direktur NHC Jamie Rhome memperingatkan risiko banjir dari San Diego ke Los Angeles dan Las Vegas, dengan risiko tinggi di sekitar area Palm Springs.

"Di jalur perkiraan, pusat Badai Hilary akan bergerak mendekati pantai barat semenanjung Baja California selama akhir pekan dan mencapai California selatan pada Minggu malam," ujarnya.

Badai menghantam Meksiko setiap tahun di pantai Pasifik dan Atlantiknya, biasanya antara bulan Mei dan November. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA