Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Peringati HUT RI, Siswa Sekolah Indonesia Cairo Tampilkan Aubade Lagu-lagu Kebangsaan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Kamis, 17 Agustus 2023, 20:19 WIB
Peringati HUT RI, Siswa Sekolah Indonesia Cairo Tampilkan Aubade Lagu-lagu Kebangsaan
Siswa Sekolah Indonesia Cairo mengikuti upacara HUT ke-78 RI di Wisma Duta KBRI Kairo/Ist
rmol news logo Ratusan warga negara Indonesia yang berada di Kairo, Mesir, memenuhi lapangan hijau Wisma Duta KBRI pada Kamis pagi waktu setempat (17/8). Mereka berbondong-bondong untuk memperingati HUT ke-78 Republik Indonesia.

Sekitar 300 orang WNI itu mengikuti Upacara HUT RI yang dimulai tepat pukul 08.00 waktu Kairo. Selain Home Staff, Dharma Wanita Perwakilan, dan pegawai setempat, turut hadir dalam upacara ini adalah perwakilan mahasiswa dan siswa Sekolah Indonesia Cairo (SIC). Sementara warga negara Indonesia lainnya mengikuti upacara secara daring melalui media sosial, seperti kanal YouTube dan IG KBRI Kairo.

Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Duta Besar Lutfi Rauf dan Pasukan Pengibar Bendera adalah siswa Sekolah Indonesia Cairo (SIC) dan pelajar Ma’had Al-Azhar (setingkat SLTA, red) yang berjumlah 13 orang.

Tema peringatan HUT ke-78 RI 2023 di KBRI Kairo adalah “Terus Melaju untuk Indonesia Maju”. Tema ini, kata Dubes Lutfi Rauf, merefleksikan semangat bangsa Indonesia untuk terus melanjutkan perjuangan dan pembangunan, berkolaborasi bersama memanfaatkan momentum untuk mewujudkan Indonesia maju.

Menurut Dubes Lutfi Rauf, melalui tema tersebut diharapkan dapat menjadi motivasi bagi bangsa Indonesia untuk terus bergerak maju. Saat ini bangsa Indonesia telah menunjukkan kemajuan yang nyata.

“Jangan berhenti meneruskan pembangunan dan peradaban bangsa dengan semangat gotong royong dan estafet,” pesannya melalui keterangan yang diterima Redaksi, Kamis (17/8).

Dengan semangat estafet, tambah Dubes Lutfi Rauf, kita harus menumbuhkan semangat kerja sama, koordinasi, kolaborasi, dan sinkronisasi dari tiap-tiap elemen WNI yang ada di negeri para Nabi ini.  

Lebih lanjut, Dubes Lutfi Rauf mengajak seluruh peserta upacara dan WNI di Mesir untuk mengenang para pahlawan yang telah berjuang, berkorban, dan berjasa untuk mencapai kemerdekaan. Apa yang telah dilakukan para pahlawan kiranya dapat menginspirasi dan memotivasi semua untuk meneruskan perjuangan mereka.

Dalam rangka menyemarakkan HUT ke-78 RI ini dan menanamkan semangat patriotisme, siswa-siswi Sekolah Indonesia Cairo (SIC) menampilkan aubade dengan menyanyikan lagu-lagu kebangsaan dan lagu daerah secara massal. Penampilan siswa SIC tersebut sempat memukau para peserta upacara dan mendapat aplaus yang luar biasa. Penampilan SIC ini adalah yang pertama digelar setelah pandemi Covid-19.

Selain itu, KBRI Kairo juga menyelenggarakan berbagai perlombaan cabang olahraga seperti lomba takraw, tenis meja, billiar, catur, dan badminton. Perlombaan ini dimulai sejak awal Agustus, melibatkan para Home Staff dan pegawai KBRI Kairo.

Sementara itu, SIC juga menggelar berbagai macam perlombaan. Seperti lomba menggambar, balap kelereng, memasukkan paku dalam botol, kebersihan kelas, makan krupuk, dan balap karung. Khusus untuk lomba menggambar, panitia HUT RI mengangkat tema “Indonesia-Egypt: Trade with Remarkable”.

Mesir merupakan negara Arab pertama yang mengakui kemerdekaan Republik Indonesia. Hubungan diplomatik antara kedua negara semakin meningkat dan menguat sampai sekarang, khususnya di bidang perdagangan, pendidikan, dan kebudayaan.   

Saat ini jumlah pelajar dan mahasiswa Indonesia di Mesir sekitar 14.000 orang. Mayoritas mereka belajar di Universitas Al Azhar. Jumlah tersebut merupakan jumlah yang terbesar di kawasan dan jumlah mahasiswa asing terbesar di Al Azhar yang saat ini mencapai 46.000 orang dari 137 negara. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA