Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tak Undang Ukraina, India: G20 Bukan Dewan Keamanan PBB

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 17 Agustus 2023, 17:54 WIB
Tak Undang Ukraina, India: G20 Bukan Dewan Keamanan PBB
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky/Net
rmol news logo India mengumumkan tidak akan mengundang Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dalam gelaran KTT G20 yang akan berlangsung pada bulan depan.

Kementerian Luar Negeri India mengatakan KTT G20 akan membahas masalah pertumbuhan ekonomi global, dan bukan keamanan global. Sehingga Zelensky tidak akan diundang.

"Ini adalah pertemuan puncak untuk membahas energi, pupuk, dan pasokan makanan. Pertemuan para pemimpin G20 bukanlah pertemuan Dewan Keamanan PBB dan tidak berurusan dengan masalah keamanan global," kata Menteri Luar Negeri India, Subrahmanyam Jaishankar, seperti dikutip Sputnik pada Kamis (17/8).

Jurubicara Kementerian Luar Negeri India, Arindam Bagchi juga sudah mengumumkan bahwa Ukraina tidak termasuk negara yang diundang menghadiri KTT G20 yang akan digelar di New Delhi pada 9-10 September mendatang.

India menjabat sebagai presiden G20 sejak 1 Desember 2022 hingga 30 November 2023.

G20 adalah forum antar pemerintah yang mencakup 19 negara dan Uni Eropa, yang mewakili 85 persen PDB global, 75 persen perdagangan internasional, dan dua pertiga populasi dunia, dan bertujuan untuk mengatasi masalah utama yang terkait dengan ekonomi global, seperti stabilitas keuangan internasional, mitigasi perubahan iklim dan pembangunan berkelanjutan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA