Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kebakaran Hutan, Kanada Nyatakan Keadaan Darurat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 16 Agustus 2023, 10:35 WIB
Kebakaran Hutan, Kanada Nyatakan Keadaan Darurat
Asap api memenuhi udara di Boundary Creek, Northwest Territories sekitar 25 kilometer sebelah timur Yellowknife, pada Selasa 15 Agustus 2023/Net
rmol news logo Pemerintah Wilayah Barat Laut Kanada mengumumkan keadaan darurat pada Selasa (15/8) menyusul kebakaran hutan yang sebagian besar menghancurkan satu komunitas terpencil dan juga menimbulkan risiko bagi ibu kota teritorial Yellowknife.

Dengan status tersebut, pihak berwenang diberikan kekuatan tambahan untuk menanggapi keadaan darurat, dan bisa lebih fokus pada perbaikan kerusakan yang ditimbulkan oleh kobaran api sepanjang tahun ini.

"Ini memungkinkan (pemerintah) untuk memperoleh dan mengerahkan sumber daya yang diperlukan untuk mendukung pengelolaan musim kebakaran hutan yang belum pernah terjadi sebelumnya ini, dan melindungi kesehatan dan keselamatan penduduk Wilayah Barat Laut," kata pemerintah teritorial dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari AFP, Rabu (16/8).

Pemerintah Kanada mengatakan pada Selasa bahwa pihaknya menyetujui bantuan federal untuk memerangi kebakaran hutan, dan mengerahkan angkatan bersenjata untuk membantu upaya pemadaman kebakaran di daerah tersebut.

"Kami bekerja sama dengan Pemerintah Wilayah Barat Laut untuk memastikan masyarakat mendapat dukungan yang mereka butuhkan," kata Menteri Kesiapsiagaan Darurat federal Kanada Harjit Sajjan dalam sebuah pernyataan.

Pemerintah Kota Yellowknife juga mengumumkan keadaan darurat lokal pada Senin malam untuk mengantisipasi potensi risiko dari kebakaran hutan di dekatnya.  
Deklarasi itu dibuat sebagai tindakan pencegahan dan warga belum mendapat pemberitahuan evakuasi, kata pejabat kota dalam sebuah pernyataan.

"Warga harus tetap tenang dan memastikan mereka siap jika situasi berubah," kata Walikota Yellowknife Rebecca Alty.

Yellowknife adalah ibu kota Wilayah Barat Laut dan terletak 450 km di selatan Lingkaran Arktik. Berpenduduk sekitar 20.000 jiwa, ini adalah salah satu pemukiman terbesar di bagian utara yang berpenduduk jarang.

Selama akhir pekan, penduduk sebagian besar komunitas di wilayah South Slave di Wilayah Barat Laut, yang terletak di sepanjang perbatasan Alberta, diperintahkan untuk mengungsi.

Dusun Enterprise, sebuah pemukiman lebih dari 100 orang, hampir seluruhnya hancur oleh api, CBC News, melaporkan pada Selasa, mengutip walikota Enterprise.

Kebakaran hutan telah melanda sebagian dari hampir semua 13 provinsi dan wilayah Kanada tahun ini, memaksa evakuasi rumah, mengganggu produksi energi, dan menarik sumber daya pemadam kebakaran federal dan internasional.

Lebih dari 130.000 kilometer persegi tanah telah hangus, rekor terbanyak untuk tahap ini di musim ini, dan hampir 168.000 orang terpaksa mengungsi di beberapa titik.

Wilayah Barat Laut sejauh ini mengalami 265 kebakaran hutan tahun ini, jauh lebih tinggi dari rata-rata tahunan 10 tahun sebesar 185. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA