Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Taiwan Kembangkan Rudal Baru Sekuat AIM-120 AMRAAM Milik AS

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Selasa, 15 Agustus 2023, 00:48 WIB
Taiwan Kembangkan Rudal Baru Sekuat AIM-120 AMRAAM Milik AS
AIM-120 AMRAAM buatan AS/Net
rmol news logo Dalam upaya memperkuat sistem pertahanan militer, Taiwan akan mengembangkan rudal pesawat tempur baru yang sekuat AIM-120 AMRAAM buatan AS.

Seorang pejabat pertahanan yang tidak ingin disebutkan namanya mengungkap, rudal terbaru Taiwan akan diberi nama Tien Chien V dan memiliki jangkauan maksimum 160 kilometer.

"Tien Chien V akan diproduksi oleh National Chung-Shan Institute of Science and Technology (NCIST)," ungkap sumber tersebut, seperti dimuat The Defense Post pada Senin (14/8).

Rudal Tien Chien sebelumnya memiliki tiga versi, yakni Tien Chien I (jarak pendek), Tien Chien II (jarak menengah), dan Tien Chien III (diluncurkan kapal dan dipasang di kendaraan darat).

Harusnya, yang diluncurkan terlebih dahulu adalah Tien Chien IV. Tetapi Taiwan memilih untuk menghentikannya agar jalan baru untuk senjata yang lebih canggih dapat terbuka lebar.

Rudal AIM-120 AMRAAM diproduksi oleh perusahaan pertahanan AS ternama, Raytheon. Memiliki bentuk yang lebih kecil dibanding dengan rudal AIM-7 Sparrow, rudal AMRAAM sangat efektif untuk target di ketinggian rendah.

AMRAAM kompatibel dengan beberapa pesawat tempur, termasuk F-15, F-16, F-22, Eurofighter Typhoon, dan JAS-39 Gripen. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA