Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Peringati Hari Kenegaraan Ukraina, Dubes Vasyl Sumbang 3 Buku ke Perpusnas

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Minggu, 13 Agustus 2023, 23:44 WIB
Peringati Hari Kenegaraan Ukraina, Dubes Vasyl Sumbang 3 Buku ke Perpusnas
Dutabesar Ukraina untuk Indonesia, Vasyl Hamianin saat menyerahkan hadiah kepada perwakilan Perpustakaan Nasional dalam acara Hari Kenegaraan Ukraina, pada Rabu 9 Agustus 2023/Ist
rmol news logo Dalam rangka memperingati Hari Kenegaraan Ukraina, Kedutaan Besar Ukraina di Indonesia menyumbangkan tiga buah buku ke Perpustakaan Nasional RI.

Buku diserahkan Dutabesar Ukraina untuk Indonesia, Vasyl Hamianin kepada perwakilan Perpusnas, di Jalan Merdeka, Jakarta Pusat, pada Rabu (9/8).

Saat penyerahan, Vasyl menjelaskan bahwa dua dari tiga buku tersebut merupakan buku terjemahan ke dalam Bahasa Ukraina. Di antaranya buku sajak “Aku” karya penyair ternama Indonesia, Chairil Anwar.

Selain itu ada Al Quran, yang maknanya diterjemahkan ke dalam Bahasa Ukraina, yang ditulis oleh seorang mualaf asal Ukraina.

"Penerjemahnya adalah seorang muslim Ukraina, dia masuk Islam saat beranjak dewasa dan sejak itu misinya adalah menerjemahkan Al Quran, agar lebih banyak orang Ukraina mengenal Islam," jelas Vasyl.

Penyerahan tiga buku itu akan menambahkan 14 buku yang sebelumnya telah diberikan Kedutaan Ukraina, dan akan menjadi bagian dari koleksi internasional yang terletak di lantai 3 Perpusnas.

Selain buku karya Chairil Anwar dan Al Quran, Dubes Vasyl juga menyerahkan foto Bung Karno dalam bingkai berlatar belakang kalimat-kalimat kecaman atas imperialisme, yang saat ini sesuai dengan kondisi negaranya saat ini.

"Saya benci imperialisme, saya benci kolonialisme dan saya takut akan konsekuensi dari perjuangan pahit," bunyi tulisan dalam bingkai tersebut.

Penyerahan hadiah sekaligus peringatan Hari Kenegaraan di Perpusnas itu berjalan lancar dengan dihadiri sejumlah dutabesar dan perwakilan negara asing, di antaranya Duta Besar Amerika Serikat untuk RI, Sung Y Kim, serta anggota Komisi 1 dari Partai Nasdem Muhammad Farhan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA